You are here
Home > Properti > 4 Jenis Pipa Air Yang Sebaiknya Anda Tahu

4 Jenis Pipa Air Yang Sebaiknya Anda Tahu

Buat anda yang sedang bingung dalam memilih pipa air yang cocok dengan kebutuhan anda, berikut di bawah ini kami bagikan informasi mengenai jenis-jenis pipa air yang ada di pasaran saat ini. Tiap jenis pipa air tersebut mempunyai kelebihan kekurangan masing-masing, baik itu dari segi harga, kwalitas dan yang lainnya. Selain jenis dan harga pipa PVC yang biasa digunakan untuk instalasi air di rumah tangga, ada jenis-jenis pipa air lain mempunyai kegunaan yang berbeda-beda di lihat dari kondisi kebutuhannya.

4 Jenis Pipa Air dengan Menyesuaikan Kondisi dan Kebutuhan

  1. Pipa CPVC

Pipa AirPipa CPVC merupakan pipa yang memiliki kemiripan dengan pipa air berjenis PVC. Hanya saja pipa CPVC ini lebih dikhususkan untuk menyalurkan air panas dengan suhu tinggi, lebih dari 180 derajat celcius. Hal inilah yang kemudian membuat popularitas pipa CPVC tidak sepopuler pipa PVC karena memang cukup jarang ditemui atau digunakan di tempat-tempat umum.

  1. Pipa Pex

Pipa XLPEI atau yang lebih akrab disebut dengan pipa PEX ini merupakan pipa air yang juga dikhususkan untuk mengalirkan air dengan suhu tinggi sehingga pipa Pex memiliki kesamaan fungsi dengan pipa CPVC. Hanya saja pipa PEX ini cukup sulit untuk diinstalasikan karena dalam setiap penyambungannya membutuhkan sebuah ‘Ring’ untuk mengamankan sambungan, berbeda dengan pipa CPVC yang hanya membutuhkan lem khusus untuk menyambungkannya.

  1. Pipa Galvanis

Apa itu pipa galvanis dan apa fungsinya? Mungkin banyak dari Anda yang belum mengetahuinya. Pipa Galvanis ini merupakan pipa air yang berbahan dasar seng lapis baja sehingga mampu memiliki daya ketahanan yang cukup baik. Dalam pengaplkasiannya pun pipa Galvanis cenderung lebih sulit untuk dipasang daripada pipa lainnya, baik dari segi pengeleman maupun segi pemotongan yang mana masing-masingnya membutuhkan alat khusus.

Selain itu, harga pipa air Galvanis juga cenderung lebih mahal daripada pipa berjenis lainnya, hal ini dianggap wajar mengingat bahan dasar dari pipa ini adalah bahan berkualitas yang tahan lama.

  1. Pipa Tembaga

Pipa dengan bahan dasar tembaga ini merupakan pipa yang biasanya diaplikasikan pada instalasi refrigerant. Pipa tembaga sendiri dapat diaplikasikan diatas maupun dibawah tanah, hanya saja ketika mengaplikasikannya dibawah tanah maka perlu ditambahkan pengaman khusus untuk menghindari adanya radiasi akibat pengikisan zat asam yang ada di bawah tanah.

Demikianlah ulasan yang dapat kami bagikan seputar informasi mengenai jenis-jenis pipa air yang ada di pasaran saat ini, semoga bermanfaat.

Leave a Reply