You are here
Home > Wisata dan Liburan > 4 Kerajinan Khas dan Unik yang Indonesia Miliki

4 Kerajinan Khas dan Unik yang Indonesia Miliki

Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam keunikan baik suku, budaya, alam termasuk kerajinan khas Indonesia yang tak kalah unik dan mendunia. Kerajinan khas Indonesia memiliki keunikan tersendiri sebab setiap kerajinan khas di Indonesia menonjolkan kebudayaan masing-masing daerah.

Beberapa Kerajinan Khas dan Unik yang ada di Indonesia

4 Kerajinan Khas dan Unik yang Indonesia MilikiKerajinan khas dan unik di Indonesia sudah selayaknya kita budayakan dan hargai. Selain itu kita harus bangga karena Indonesia memiliki beragam keunikan. Berikut ini merupakan beberapa kerajinan khas Indonesia yang mendunia.

  1. Kain Batik

Batik karya seni asli Indonesia yang terkenal di dunia. Bener banget, saat ini siapa yang tidak mengenal batik. Keberadaan batik di mata dunia sudah tidak bisa dipungkiri lagi, terutama dengan berbagai coraknya yang unik. Corak kain batik disetiap daerah yang ada di Indonesia berbeda dan menonjolkan budaya masing-masing daerah. Batik sendiri dibuat dengan menggunakan alat yang bernama canting dan kuas di atas lilin denga bahan lilin yang dipanaskan terlebih dahulu.

  1. Ukir kayu

Yang kedua yaitu ukir kayu. Tak bisa dipungkiri juga bahwa kualitas kayu yang ada di Indonesia merupakan kualitas unggul. Daerah yang merupakan penghasil kerajinan ukir kayu diantaranya Jepara, Cirebon, Bali, Kalimantan, Papua, Madura, serta Sumatra.

  1. Wayang

Wayang merupakan salah satu kerajinan yang banyak disukai oleh orang luar negeri. Bik ayang golek maupun wayang kulit keduanya diminati orang luar negeri.Wayang kulit biasanya terbuat dari bahan baku kulit kerbau sedangkan wayang golek terbuat dari kayu. Daerah penghasil kerajinan wayang diantaranya yaitu Bali, Yogyakarta, serta Surakarta.

  1. Anyaman

Kerajinan selanjutnya yaitu anyaman. Kerajinan anyaman sendiri biasanya menggunakan bahan-bahan alami seperti bambu, rotan, daun mendong, atau bisa juga menggunakan janur. Banyak wisatawan dari mancanegara yang menyukai anyaman alami khas Indonesia ini. Anyaman bambu yang di jual biasanya tidak hanya bermanfaat untuk hiasan namun juga untuk perabot rumah tangga.

Kerajinan Khas Indonesia yang Mendunia

Walaupun terlihat sepele dan banyak terdapat di Indonesia tetapi jangan salah karena beberapa kerajinan yang disebutkan di atas mampu menyedot perhatian dunia. Seperti yang dijelaskan di atas, sudah selayaknya kita bangga terhadap hasil karya dari tanah air. Demikian beberapa ulasan kentang kerajinan khas Indonesia semoga dapat bermanfaat.

One thought on “4 Kerajinan Khas dan Unik yang Indonesia Miliki

Leave a Reply