You are here
Home > Gaya Hidup > Kesehatan > 4 Tips Memilih Makanan Rendah Kalori

4 Tips Memilih Makanan Rendah Kalori

Semua orang beresiko terkena masalah kolesterol tinggi, kamu pun berisiko mengalami masalah kolesterol tinggi. Karenanya, penting sekali untuk mengonsumsi makanan rendah kalori untuk kesehatan tubuh. Selain menyehatkan, rutin mengonsumsi makanan dengan kandungan kalori rendah ini dianggap mampu menurunkan kolesterol di tubuh, sehingga dapat mencegah munculnya penyakit stroke. Oleh sebab itu, ubahlah gaya hidup Anda dengan cara konsumsi makanan rendah kalori, mengingat makanan ini cukup bagus untuk tubuh.

Makanan Rendah Kalori

Nah, untuk Anda yang tertarik mengonsumsi makanan berkalori rendah ini, maka ada baiknya perhatikan dulu beberapa tips memilih makanan rendah kalori yang baik dan benar seperti yang kami rangkum di bawah ini. Yuks, disimak!

  1. Tidak mengandung MSG. Sebisa mungkin, jauhilah makanan yang mengandung MSG dengan kadar yang sangat berlebihan. Mengapa? Sebab, mengonsumsi makanan dengan kandungan MSG sangat tinggi, dipercaya malah dapat membuat kolesterol di tubuh semakin meningkat. Hal ini disebabkan karena di dalam MSG tersimpan kandungan senyawa monosodium glutamat, yang mana kandungan ini sangat berbahaya bilamana dikonsumsi secara rutin.
  2. Tidak mengandung lemak trans. Pastikan Anda tidak mengonsumsi makanan dengan kadar lemak bisa dibilang sangat tinggi, lantaran ini sangat tidak baik untuk kesehatan. Selain kurang menyehatkan, mengonsumsi makanan berlemak ini bisa menyebabkan kegemukan sekaligus meningkatkan kolesterol di dalam tubuh. Maka dari itu, sangat disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan dengan lemak tinggi ini secara berlebihan.
  3. Tidak mengandung banyak pengawet. Selain itu, agar tubuh menjadi lebih sehat, maka alangkah baiknya jauhi makanan yang mengandung banyak pengawet. Menurut penelitian, mengonsumsi makanan dengan pengawet berlebih, dapat memicu munculnya penyakit kanker meskipun Anda mengonsumsinya dalam jumlah yang sangat sedikit. Untuk itu, sebisa mungkin pilihlah jenis makanan yang tidak mengandung zat pengawet ini.
  4. Masak makanan dengan teknik yang benar. Supaya makanan tidak mengandung banyak lemak, baiknya masaklah makanan dengan cara dikukus, direbus, maupun ditumis dengan tambahan sedikit minyak. Memasak makanan dengan teknik menggoreng dalam minyak, hanya membuat makanan yang digoreng tersebut menjadi tidak sehat karena menyimpan lemak jenuh sekaligus merusak nilai gizi yang terkandung di makanan.

Itu sedikit cara yang bisa dilakukan saat memilih makanan dengan kadar kalori sangat rendah ini. Semoga bermanfaat! –SH–

Leave a Reply