You are here
Home > Otomotif > Motor > 5 Tips Jitu Kredit Sepada Motor Bekas Tanpa Harus Repot

5 Tips Jitu Kredit Sepada Motor Bekas Tanpa Harus Repot

Ingin miliki sepeda motor namun budget yang ada terbatas? Kredit sepeda motor bekas bisa jadi solusi terbaik, karena cicilan sepeda motor bekas akan jauh lebih rendah dibandingkan kredit sepeda motor baru. Sehingga Anda akan jauh lebih leluasa mengatur jumlah pengeluaran setiap bulannya. Di samping itu, kini sudah banyak leasing sudah menyediakan layanan kredit motor bekas yang akan lebih memudahkan Anda untuk memiliki sepeda motor untuk alat transportasi sehari-hari. Oleh karena itu, para calon pembeli motor bekas harus selektif ketika memilih.

Kredit Sepeda Motor Bekas

Jika Anda memutuskan untuk membeli atau kredit motor bekas maka Anda sudah harus siap dengan kondisi apapun pada motor tersebut. Namanya juga sepeda motor bekas, pasti akan lecet atau hal aneh pada kendaraan tersebut. Namun hal tersebut banyak dianggap sepele oleh calon pembeli karena melihat suatu barang dari tampilan luarnya saja. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk kredit sepeda motor bekas sebaiknya simak 5 tips jitu kredit sepeda motor bekas berikut sehingga Anda bisa dapatkan motor bekas dengan kualitas baik dan tidak kalah dengan sepeda motor baru.

  • Teliti ketika memilih

Jangankan memilih sepeda motor bekas, terkadang ketelitian sangat dibutuhkan ketika membeli produk baru sekalipun. Namun memang ketika memilih produk bekas, ketelitian harus double, karena barang bekas biasanya sudah tidak memiliki garansi resmi dari pabrikan. Nah, untuk itu cek semua komponen sepeda motor dan jika Anda kurang mengerti ajak montir bengkel yang sudah Anda kenal dan bisa dipercaya untuk memeriksa bodi sekaligus mesin.

Selain memeriksa kondisi komponen, ketika memilih pastikan Anda lakukan test drive dahulu sehingga Anda mengetahui lebih detail kekurangan dari sepeda motor bekas tersebut. Untuk lebih menyakinkan Anda, tidak ada salahnya jika Anda bertanya kepada pihak leasing kekurangan apa saja yang ada pada motor tersebut. Pastikan motor belum pernah terendam banjir atau mengalami kecelakaan. Hindari membeli motor bekas dengan kondisi ini karena bisa membuat kamu mengeluarkan uang yang tidak dikit untuk perbaikan.

  • Cek kelengkapan surat motor karena itu sudah menjadi syarat mutlak

Setelah selesai cek komponen dan juga test drive, hal selanjutnya adalah memeriksa kelengkapan surat dari sepeda motor bekas tersebut. Ini sudah jadi syarat mutlak dan wajib untuk dilakukan untuk setiap calon pembeli ketika membeli atau kredit motor bekas. Pengecekan berkas seperti BPKB, STNK, dan KTP pemilik sebelumnya semuanya harus sama. Jangan pernah mau untuk mengambil motor di mana STNK atau BPKB sedang ditahan sebagai penjamin.

Pilihlah kreditor dengan reputasi baik dan bisa dipercaya

Akan lebih baik jika kedit sepeda motor bekas dilakukan di dealer resmi langsung atau leasing terpercaya dan miliki kredibilitas bagus. Jangan pernah dengan tawaran biaya cicilan kredit sepeda motor bekas murah padahal ada beban bunga cukup tinggi yang dibebankan kepada Anda.

  • Kredit fix rate

Dikatakan fix rate adalah suku bunga kredit yang akan dibebankan kepada Anda sudah jelas dan ditetapkan pada awal plus tidak akan mengalami perubahan. Jika kredit dengan fix rate, besaran cicilan kredit sepeda motor bekas Anda tidak akan mengikut fluktuasi suku bunga bank. Sehingga besaran cicilan akan sama hingga kredit selesai.

  • Kredit dengan menyesuaikan akan kemampuan financial

Jenis barang apapun yang ingin Anda beli, baik kredit ataupun cash, sudah sepatutnya disesuaikan dengan keperluan dan juga kondisi financial Anda. Termasuk juga kredit sepeda motor bekas, dan jika jangka waktu yang diambil cepat maka ini akan semakin meringankan Anda. Sehingga setelah selesai masa angsuran, maka pengeluaran untuk cicilan tersebut bisa dialokasikan ke keperluan lainnya.

Untuk lebih meringkankan lagi, maka pastikan uang muka untuk kredit sepeda motor bekas ini sebaiknya lebih besar. Karena semakin besar uang muka, maka akan semakin ringan cicilan setiap bulannya. Namun ada baiknya pertimbangkan dahulu kondisi financial Anda beberapa tahun ke depan, jangan sampai Anda terbelit hutang yang tidak mampu Anda lunasi di kemudian hari.

Pada umumnya opsi kredit atau menyicil diambil untuk meringankan beban Anda dalam membeli sebuah kendaraan. Namun lebih mengutamakan kepentingan yang lebih penting dan mendesak daripada memenuhi keinginan Anda tersebut. Jadilah konsumen yang cermat dan cerdas, sehingga mampu menempatkan semua hal sesuai dengan porsinya masing-masing. –apuy

Leave a Reply