You are here
Home > Gaya Hidup > Asuransi dan Perencanaan Keuangan > 5 Tips Sederhana Memilih Asuransi Kendaraan Bermotor

5 Tips Sederhana Memilih Asuransi Kendaraan Bermotor

Asuransi kendaraan bermotor menjadi hal penting untuk melindungi kendaraan Anda dari segala macam kerusakan, kecelakaan bahkan tindak kejahatan seperti kehilangan. Untuk bisa merasakan manfaat asuransi secara maksimal,  maka penting untuk Anda memilih perusahaan asuransi yang mampu berikan pelayanan terbaik. Memilih sebuah brand asuransi Indonesia tentu tidaklah mudah, karena saat ini banyak brand ternama di dunia yang kini mendirikan kantor cabangnya di Indonesia . Menurut Anda, makin bingung gak seh milih mana yang terbaik? Berikut ini ada 5 tips sederhana memilih asuransi yang bisa Anda ikuti:

Cek kondisi kendaraan milik Anda

Tips pertama, cek kondisi terkini kendaraan yang akan Anda asuransikan. Dimulai dari usia kendaraan, jenis kendaraan (motor atau mobil), dan kondisi secara keseluruhan ketika digunakan. Ini menjadi sebuah patokan kondisi kendaraan Anda ketika akan memilih jenis asuransi kendaraan bermotor asuransi All Risk atau Total Lost Only (TLO).

  1. Tips Sederhana Memilih Asuransi Kendaraan BermotorAsuransi All Risk memberikan jaminan secara menyeluruh untuk resiko terhadap kendaraan, baik resiko berskala kecil hingga besar. Namun perlu diingat, biasanya untuk jenis asuransi All Risk tidak akan menjamin total seperti kendaraan yang hilang karena dicuri oleh supir pribadi. Meskipun demikian untuk resiko kehilangan seperti ini masih bisa diurus, namun akan butuh proses yang panjang dan sangat lama.
  2. Asuransi Total Lost Only (TLO) akan berikan jaminan bila kerusakan kendaraan mencapai 75% dari nilai kendaraan yang sudah ditaksir sebelumnya. Eh, jangan khawatir, untuk Anda yang justru memiliki kendaraan tua dan penggunaannya cukup intens maka produk asuransi TLO ini sangat disarankan.

Pertimbangkan brand asuransi rekomendasi dari dealer

Banyaknya pilihan brand asuransi terkadang membuat Anda bingung menentukan brand mana yang terbaik. Padahal jika Anda menginginkan kemudahan ketika memilih brand asuransi, biasanya di setiap dealer akan memberikan rekomendasi karena sudah ada kerjasama. Rekomendasi ini bisa jadi rujukan untuk Anda memilih asuransi dan semua proses bisa lebih dipermudah.

Cek dan teliti kredibilitas brand asuransi

Jika Anda tidak memilih rekomendasi dari dealer, maka pilihlah brand asuransi yang memiliki kredibilitas baik khususnya ketika tangani proses klaim. Cari informasi sebanyak-banyaknya dan lengkap tentang brand asuransi tertentu. Sebisa mungkin untuk memilih brand asuransi yang miliki predikat Best General Insurance yah. Predikat ini merupakan sebuah bukti brand asuransi tersebut itu memiliki nilai yang baik, berkualitas dan penting yaitu bertanggung jawab.

Berapa jumlah complain dan bagaimana cara penyelesaiannya

Paling mudah melihat sebuah brand asuransi itu berkualitas atau tidaknya dengan melihat jumlah keluhan atau complainnya. Jika aduan atau complainnya sedikit, maka brand asuransi tersebut berkualitas dan memiliki pelayanan yang bagus. Namun jika kondisinya sebaliknya Anda temukan, complain banyak, proses penanganan klaimnya lama, ini menjadi bukti bahwa brand asuransi tersebut tak perlu Anda pilih.

Perhatikan bengkel yang jadi rekanan asuransi tersebut

Mungkin ini yang terbilang rumit, karena Anda harus mencari informasi secara lengkap dan detail mengenai kualitas pelayanan bengkel-bengkel rekanan dari brand asuransi tersebut. Jika Anda temukan nama-nama besar dari rekanan bengkelnya, ini bisa Anda pilih karena biasanya kualitas layanan bengkel tersebut itu sudah terjamin.

Selain 5 tips di atas, mungkin ada baiknya juga Anda mencari informasi mengenai proses perpanjangan polis asuransi kendaraan. Siapa tahu, Anda cocok dengan jasa yang ditawarkan dan tertarik untuk memperpanjangnya. Itulah beberapa tips sederhana yang bisa Anda lakukan. Meskipun sederhana, tapi ini butuh effort dan waktu yang lumayan. Tapi tidak apa-apa yah, asal asuransi yang dipilih nantinya merupakan brand asuransi terbaik! –apuy

Leave a Reply