You are here
Home > Bisnis > Ekonomi > 6 Jenis Investasi untuk Para Freelancer, Mana yang Dipilih?

6 Jenis Investasi untuk Para Freelancer, Mana yang Dipilih?

Investasi merupakan salah satu cara dalam mempersiapkan dan produk investasi yang banyak digunakan adalah investasi reksa dana. Investasi reksa dana dipilih karena mudah dipahami, dan lebih menguntungkan dibandingkan dengan produk investasi lainnya. Namun ternyata ada banyak pilihan investasi yang ada dan bisa loh disesuaikan dengan profesi yang kamu geluti saat ini, termasuk untuk kamu yang berprofesi sebagai freelancer.

Profesi FreelancerMemang jika dilihat dari penghasilan, sekilas seorang freelancer tidak memiliki penghasilan tetap namun sekali dapat projek-an nilainya bisa dibilang cukup tinggi. Oleh karena itu, butuh banget pengelolaan keuangan yang baik sehingga penghasilannya tidak habis begitu saja dan usaha selama ini tidaklah sia-sia. Selain investasi reksa dana, ada 6 jenis investasi yang dirasa cukup tepat untuk seorang freelancer apa lagi untuk kamu yang ingin memulai berinvestasi dengan modal minim. Apa saja produk investasi tersebut?

Reksa dana Saham

Investasi reksa dana identik dengan saham, yah nggak seh? Ini pilihan termudah untuk memulai belajar berinvestasi. Tapi tentukan dulu budget yang mau digunakan, karena bermain saham ini butuh kecermatan, karena bukan berarti kamu akan gagal dan merugi. Pilih juga perusahaan yang tepat!

Investasi Emas atau Logam Mulia

Ini seh investasi yang paling menguntungkan dan cocok untuk freelancer. Selain aman, investasi emas atau logam mulia cenderung nilainya akan bertahan meskipun adanya inflasi bahkan bisa terus menerus naik.

Investasi emas juga tergolong produk investasi yang likuid dan bisa loh diperjualbelikan ketika kamu butuh dana cepat dan mendesak. Bahkan untuk proses pencariannya tidak memerlukan waktu yang lama. Praktis khan yah? Jika tidak punya uang, langsung jual saja.

Nyimpen Dollar

Emang mata uang Dollar bisa dijadikan sebagai investasi yang menjanjikan? Memang untuk investasi dengan menyimpan dan mengumpulkan mata uang dollr masih jarang yang melirik, namun ini jadi pilihan investasi untuk kamu yang memiliki pekerjaaan sebagai freelancer.

Gimana skemanya? Simpel ko, beli dollar ketika harganya turun dan jual ketika harganya naik. Namun kondisi ini butuh ketepatan, karena kamu harus pantau kondisi ekonomi yang berkembang. Jadi ingin memilih jenis investasi ini, rajin-rajin deh baca berita ekonomi dan bisnis yak!

Properti

Mungkin ini hanya untuk freelancer yang berpengalaman dan projek-projek yang ditangani kelas kakap dengan nilai fantastis. Karena untuk memulai investasi ini tentu butuh budget yang lumayan sehingga bisa membeli properti yang akan diinvestasikan.

Jika tidak sanggup, mungkin kamu bisa join dengan teman-teman freelance untuk bisa membeli properti untuk dijadikan investasi. Oiya, jangan lupa yah untuk buat perjanjian gimana bagi hasilnya. Meskipun teman, yang namanya bisnis yah bisnis lah.

Investasi dengan buka deposito

Deposito juga jadi instrumen investasi yang bisa dibilang tidak ada kerugian karena tidak ada biaya yang dikeluarkan. Namun ada biaya yang dibebankan kepada nasabah jika belum 1 tahun, dana deposito ditarik. Cek dan pilih banknya yah, karena setiap bank ada minimal dana depositnya.

Nabung

Nabung juga tergolong yang tidak ada kerugian dan paling simple mekanismenya, namun hanya biaya admin bulanan saja yang harus dikeluarkan setiap nasabahnya. Kisaran besar nabung ini, tergantung kemampuan kamu saja.

Jadi, berinvestasi bukan ditentukan dari profesi yang dijalani bahkan seorang freelancer bisa juga loh! Yang terpenting sebelum memilih, pastikan pilih sesuai dengan kemampuan financial!

Leave a Reply