You are here
Home > Kuliner > 7 Tempat Bermain Anak di Yogyakarta

7 Tempat Bermain Anak di Yogyakarta

Sebagai Kota pelajar sudah pasti Jogja juga memikirkan tempat wisata buat anak-anak. Ada beragam wisata yang cocok untuk anak-anak wisata alam wisata edukasi hingga wisata yang melatih motorik anak-anak.

Untuk bisa menjelajahi semua tempat wisata anak-anak tentu saja mungkin bisa dilakukan dalam satu hari penuh. Agar anak-anak tidak kelelahan ada baiknya booking hotel murah di Yogyakarta yang dekat dengan tempat wisata bermain anak.

Lalu apa saja tempat wisata bermain anak di Yogyakarta yang cocok dikunjungi keluarga? Berikut ulasan lengkapnya.

  1. Jogja Bay Waterpark

Waterpark ini diklaim sebagai waterpark terbesar di Indonesia. Luas jogja Bay Waterpark diperkirakan sekitar 7,7 hektar.

Salah satu yang berbeda dengan Jogja bay waterpark adalah mengusung tema bajak laut yang memang pas dengan anak-anak. Ada berapa Spot selfie salah satunya adalah mercusuar buatan.

Jogja Bay Waterpark

Tempat wisata bermain anak ini sudah diresmikan tahun 2015 oleh Gubernur Jogjakarta. Lokasinya berada di daerah Maguwoharjo saat ini sudah menjadi pemukiman baru karena semakin berkembangnya hunian di Yogyakarta. Jogja Bay Waterpark memiliki sekitar 15 Wahana atraktif yang akan menguji adrenalin kamu.

  1. Taman Pintar

Tempat wisata bermain anak di Yogyakarta yang bermuatan edukasi ini berlokasi di Jalan Panembahan Senopati nomor 1-3 Yogyakarta. Taman Pintar seperti namanya memiliki beberapa Wahana atraktif yang dikaitkan dengan ilmu pengetahuan dan fisika.

Taman Pintar Yogyakarta
Sumber Gambar : baraoutdoor.com

Taman Pintar ini menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi pelajar di Yogyakarta dari tingkat Sekolah Dasar hingga sekolah menengah pertama. Beberapa alat peraga sesuai dengan teori-teori yang dipakai di sekolah.

Wisata edukasi saja yang bisa dinikmati oleh anak-anak tapi fasilitas yang merangsang psikomotorik anak. Bisa dibilang Taman Pintar ini seperti PP IPTEK nya Yogyakarta.

  1. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta termasuk salah satu tempat wisata bermain bagi anak-anak. Anak-anak sekaligus belajar di Keraton Yogyakarta. Anak-anak makan dengan budaya asli Yogyakarta sambil melihat-lihat peninggalan dari kerajaan Mataram.

Keraton Yogyakarta
Sumber Gambar : Wikipedia Id

Keraton Yogyakarta juga memiliki dua Pusat kegiatan masyarakat pada saat sore hari hingga malam hari yaitu di alun-alun utara alun selatan. Keduanya selalu ramai pada pagi hari untuk tempat berolahraga dan saat akhir pekan untuk tempat piknik bersama keluarga.

  1. Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira Loka seperti kebun binatang lainnya di kota-kota di Bandung dan Jakarta tetap menjadi tempat favorit bagi anak-anak untuk bermain dan belajar. Kebun Binatang Gembira Loka memiliki koleksi satwa dari berbagai daerah.

Kebun Binatang Gembira Loka
Sumber Gambar : Pinterest

Anak-anak bisa langsung melihat satwa-satwa khas Indonesia termasuk menyaksikannya agar anak-anak bisa melindungi dan melestarikan satwa satwa yang di ambang kepunahan. Kebun binatang yang berada di Jalan Kebun Raya Yogyakarta ini termasuk salah satu tempat favorit untuk piknik bersama keluarga.

Biasanya keluarga membawa bekal dari rumah kemudian makan bersama di bawah pohon yang rindang bersama keluarga besar sambil menikmati udara yang segar setelah seharian berkeliling keliling kandang-kandang satwa.

  1. Museum Dirgantara

Jika di Bandung Ada festival Bandung Air Show, Yogyakarta memiliki Museum Dirgantara single tak perlu menunggu air show. Museum Dirgantara memamerkan benda benda bersejarah yang pernah digunakan oleh TNI Angkatan Udara mulai dari koleksi pesawat persenjataan pemancar Radar hingga beberapa diorama.

Museum Dirgantara Yogyakarta
Sumber Gambar : Tribunnews

Melalui museum Dirgantara ini biasanya orang tua mulai mengenal hal-hal yang mau dengan pesawat terbang. Utamanya buat orang tua yang berharap agar anaknya bisa menjadi pilot atau tergabung dalam satuan TNI Angkatan Udara. Mengenalkan profesi lewat museum menjadi salah satu hal yang sangat tepat, anak-anak bisa langsung melihat sendiri profesinya di masa depan.

  1. Museum Mainan Anak Kolong Tangga

Saat ini hampir jarang anak-anak beberapa permainan tradisional yang masih dimainkan oleh orang tua pada zaman dahulu. Anak-anak masa kini sudah dikenalkan oleh orang tua dengan gadget dan internet sehingga mereka lebih akrab dengan social media dan juga youtuber – youtuber yang berasal dari kalangan anak-anak sendiri.

Museum Mainan Anak Kolong Tangga
Sumber Gambar : jadiBerita.com

Beruntung ada sebuah museum yang menyimpan 400 koleksi mainan tradisional dari seluruh Indonesia. Ironisnya museum ini merupakan inisiasi atau ide seorang warga negara asing yang bekerja sama dengan yayasan dunia damai.

Lewat museum mainan anak kolong tangga ini diharapkan anak-anak masa depan tidak lupa dengan akar dan budayanya. Permainan zaman dahulu memiliki beberapa makna dan sarat dengan nilai-nilai filosofis yang tidak bisa didapatkan dari permainan masa kini.

Tak perlu khawatir untuk mencari hotel di Yogyakarta lewat Reservasi.com. Selain bisa mendapatkan harga termurah, kamu juga tetap bisa menggunakan promo hotel yang berbeda setiap harinya. 

  1. Kids Fun

Tempat bermain anak ini memang tidak seluas Jogja Bay hanya cukup untuk melatih psycho motorik anak. Luasnya hanya sekitar 5 hektar yang berada di daerah Piyungan Bantul Yogyakarta.

Kids Fun Yogyakarta
Sumber Gambar : LiburanAnak.com

Tempat bermain ini memang berlisensi dari Belanda sehingga permainannya sudah disesuaikan sesuai dengan umurnya masing-masing.

Leave a Reply