You are here
Home > Gaya Hidup > Ada Gejala Diabetes Pada Anak? Ini Dia Daftar Kesalahan Orang Tua

Ada Gejala Diabetes Pada Anak? Ini Dia Daftar Kesalahan Orang Tua

Gangguan kesehatan anak kecil banyak jenisnya, dan anak kecilpun bisa juga terkena diabetes. Ini fakta loh! Bukan mengada-ada, bahkan bayi yang baru lahir pun bisa divonis terkena diabetes. Karena penyakit yang satu ini bisa disebabkan karena gen atau keturunan. Sayangnya, kebanyakan kasus anak yang terkena diabetes itu bukan disebabkan karena gen. Meskipun gejala diabetes pada anak itu sama, lebih sering hal tersebut disebabkan oleh kesalahan orang tua.

Anda yang sudah menjadi orang tua saat ini wajib waspada. Kenali gejala diabetes agar Anda bisa melakukan pencegahan. Akan tetapi, bagaimana jika diabetes sudah diderita oleh si kecil? Tentu saja pengobatan harus dilakukan. Penambahan insulin tambahan dibutuhkan. Lambat laun diabetes pada anak akan sembuh.

Diabetes Pada Anak

Bukan itu yang menjadi masalah. Yang sering terjadi, orang tua tidak menyadari bahwa mereka melakukan kesalahan yang fatal. Mungkin ada satu atau bahkan lebih kesalahan berikut yang Anda lakukan juga.

  • Menambahkan Gula pada Susu

Susu sudah ada kadar gulanya. Jadi, Anda tidak perlu menambahkannya lagi. Sayangnya, banyak orang tua yang menambahkan gula pada susu anak. Jika hal ini dilakukan terus menerus, bukan tidak mungkin anak Anda akan terkena diabetes.

  • Kurang Beraktivitas

Pertanyaan penting untuk Anda sebagai orang tua harus jawab. Seberapa sering Anda mengajak si kecil untuk beraktivitas fisik sekaligus mengatur pola hidup sehat? Seharusnya setiap hari. Jika anak Anda sudah cukup dewasa, mintalah ia untuk mengerjakan pekerjaan rumah yang sederhana seperti menyapu, mengepel, atau membersihkan tempat tidur. Ini cara agar ia bergerak.

Gejala Diabetes

Saat weekend, jangan hanya tidur atau nonton TV di rumah saja. Ajak anak Anda berolahraga seperti jogging, bersepeda, berenang, dan jenis olahraga favorit lainnya.

  • Sering Memberikan Cemilan

Sebenarnya tidak masalah jika Anda memberikan cemilan. Asalkan sehat, ngemil itu baik. Seperti contoh cemilan berupa kacang-kacangan yang kaya akan protein. Sayangnya lebih sering orang tua memberikan cemilan instan dengan bumbu yang tidak sehat. Mulailah untuk memilih cemilan yang sehat. Jika perlu, Anda buat sendiri cemilan sederhana namun enak dan sehat.

Kesalahan mana yang ibu lakukan? Sebelum terlambat, periksakan kesehatan anak sekarang juga. Jika ada resiko diabetes, segeralah mengatur pola hidup yang sehat.

Diabetes bisa karena keturunan, bisa juga karena gaya hidup yang kurang sehat. Terlepas dari itu semua, Anda sebagai orang tua harus mengenal beragam informasi kesehatan termasuk juga gejala diabetes agar bisa melakukan tindakan pencegahan sedini mungkin jika muncul gejala tersebut.

Leave a Reply