You are here
Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Bahaya Jika Kelebihan Nutrisi Ibu Hamil

Bahaya Jika Kelebihan Nutrisi Ibu Hamil

Siapapun pasti tahu nutrisi ibu hamil itu sangat penting. Tidak hanya untuk menjaga kesehatan ibu hamil, tapi juga untuk memastikan perkembangan janin di dalam kandungan optimal. Akan tetapi, harus dipahami juga kelebihan nutrisi untuk ibu hamil justru berbuah malapetaka. Beberapa keluhan kesehatan kehamilan disebabkan oleh kelebihan nutrisi tertentu.

Keluhan Kesehatan Karena Kelebihan Nutrisi

Anda pasti setuju protein itu sangat baik untuk memastikan berat janin normal. Selain itu, protein juga diperlukan untuk mengembangkan saraf janin di dalam kandungan. Sayangnya, ada efek buruk yang bisa terjadi jika protein di dalam tubuh ibu hamil berlebihan. Ibu hamil itu sendiri bisa mengalami obesitas. Begitu juga dengan bayi di dalam kandungan bisa memiliki berat badan di atas angka normal.

Jika hal ini terjadi, risiko kematian saat persalinan sangat tinggi. Bahkan, ketika bayi lahir dengan selamat, saat dewasa nanti, ia rentan sekali mengalami masalah yang sama, yaitu obesitas.

Nutrisi Ibu Hamil
Source : www.alodokter.com

Begitu juga jika kelebihan nutrisi kehamilan berupa kalsium. Seorang ibu hamil yang mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium terlalu tinggi bisa mengalami konstipasi atau susah buang air besar. Memang kalsium diperlukan untuk pertumbuhan tulang bayi di dalam rahim. Akan tetapi, pastikan kadar kalsiumnya tidak berlebihan.

Lalu apa yang harus dilakukan oleh seorang ibu hamil untuk memastikan kebutuhan nutrisi ibu hamil tidak berlebihan?

Tips Agar Nutrisi Ibu Hamil Tidak Berlebihan

Hal yang paling utama untuk dilakukan adalah memilih makanan yang bergizi dan bervarisi. Jika seorang ibu hamil hanya mengkonsumsi satu jenis makanan saja, maka ia hanya akan mendapatkan jenis nutrisi tertentu saja. Untuk itu, agar tidak kelebihan nutrisi tersebut, ganti menu makanan lainnya.

Selain itu, ada baiknya juga ibu hamil mengkonsumsi susu. Manfaat minum susu untuk ibu hamil sangat banyak, ini karena susu ibu hamil diformulasikan untuk memenuhi kebutuhan semua nutrisi yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Dan di dalam susu, kandungan nutrisinya seimbang. Jadi, selain mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil, susu juga memastikan kebutuhan nutrisi harian terpenuhi.

Olahraga juga menjadi salah satu tipsnya. Sepertinya tidak ada kaitannya. Akan tetapi, beberapa kasus ibu hamil yang mengalami obesitas karena protein terlalu banyak disebabkan mereka tidak melakukan gerakan atau olahraga. Mereka hanya mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi untuk ibu hamil tanpa diimbangi dengan gerakan seperti olahraga. Jadi, selain memenuhi nutrisi ibu hamil, olahraga pun sangat penting.

Leave a Reply