You are here
Home > Gaya Hidup > Fashion > Batik Modern Yang Banyak Disukai

Batik Modern Yang Banyak Disukai

Istilah ‘kekinian’ memang semakin santer terdengar. Jika tidak mengikuti trend maka disebut tidak kekinian. Batik adalah salah satu dari 6 kerajinan Indonesia yang Go Internasional dan sudah ada sejak lama. Namun ia juga merupakan item kekinian. Kini tidak hanya batik tulis tradisional yang dikenal masyarakat. Batik modern pun kini sudah punya penggemarnya sendiri.

Batik Modern KekinianBatik dengan motif modern biasanya lebih dipilih anak-anak muda karena modelnya yang dianggap lebih kekinian dan tidak kaku. Tapi apa sebenarnya batik yang disebut modern itu? Bagaimana ia berbeda dengan batik tradisional?

  • Corak dari batik dengan motif modern biasanya tidak memiliki makna simbolik khusus. Berbeda dengan batik tradisional dimana setiap motif mengandung makna dan filosofinya sendiri. Misalnya batik Solo yang biasanya bermotif gelombang-gelombang sungai Bengawan Solo sebagai simbol ketenangan.
  • Variasi hiasan pada batik yang modern tidak terbatas dan sangat beragam. Ia biasa terdiri dari fauna, tumbuhan, bahkan hiasan yang sifatnya abstrak.
  • Tidak ada warna khusus yang menandakan batik modern. Berbeda dengan batik tradisional yang warnanya mewakili daerahnya misal bati Cirebon ciri khas warnanya biru, merah tua, dan ungu. Pada batik yang modern ada pilihan ragam warna yang lengkap dan variatif bahkan¬† bisa terdiri dari kombinasi beberapa warna.
  • Batik yang modern kebanyakan tidak dibuat dengan teknik lukis atau tulis. Biasanya batik yang modern dibuat dengan teknik cetak atau cap. Selain itu kain yang digunakan untuk batik tidak hanya terpaku pada satu jenis kain. Berbagai jenis kain digunakan sebagai bahan dasar batik sesuai dengan permintaan konsumen. Seperti kain semi sutra, katun, dsb.

Dulu batik digunakan hanya pada acara-acara resmi saja. Namun sekarang penggunaannya lebih luas. Setiap orang bisa mengenakan batik kapanpun dan dimanapun. Jenis batik juga semakin beragam termasuk diantaranya batik modern yang memiliki motif yang variatif. Baik batik tradisional ataupun modern kini tidak sulit untuk didapatkan dan penggunanya berasal dari berbagai kalangan. Kita bisa memperoleh batik dari pedagang kaki lima sampai toko online.

One thought on “Batik Modern Yang Banyak Disukai

Leave a Reply