You are here
Home > Properti > Apartemen > Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menyewakan Apartemen

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menyewakan Apartemen

Mengingat harga apartemen alam sutera cukup tinggi, banyak masyarakat yang pada akhirnya memilih untuk menyewa apartemen. Nah, kalau kalian punya unit apartemen yang tidak ditinggali di kawasan ini, mengapa tak coba menyewakannya saja? Selain bisa mendatangkan income, apartemen kita juga akan lebih bermanfaat, lho. Namun demikian, sebelum mulai menyewakannya, jangan lupa perhatikan beberapa hal di bawah ini:

  1. Menyewakan ApartemenPastikan semua fasilitas di unit apartemen kita terawat dan masih berfungsi dengan baik. Hal pertama yang akan dilihat oleh calon penyewa adalah kondisi unit apartemen yang akan mereka sewa. Oleh sebab itu, pastikan semua fasilitasnya berada dalam kondisi baik, entah itu furnitur, kondisi bangunan, pendingin ruangan, air, listrik, dan lain sebagainya. Jika memang ada kerusakan, segera perbaiki sebelum disewakan, ya.
  2. Harga sewa masuk akal. Memang sih, niat awal kita menyewakan apartemen adalah untuk mendatangkan keuntungan. Hanya saja, jangan sampai kita menetapkan harga tinggi yang tidak masuk akal. Sekarang ini, tidak hanya kita saja yang menyewakan apartemen; banyak orang lain yang melakukan hal yang sama. Tentunya, harga yang ada di pasaran sangat bersaing, dong? Lakukan riset harga pasaran tentang sewa apartemen dan tentukan harga sewa untuk unit apartemen milik kita.
  3. Deskripsikan dengan lengkap dan sertakan foto yang jelas. Untuk kebutuhan promosi, kita pastinya akan membuat iklan untuk memasarkan apartemen ini. Tulislah deskripsi yang jelas dan juga lengkap agar penyewa bisa tahu kondisi unit apartemen yang kita tawarkan. Jangan lupa pula sertakan foto interior apartemen yang jelas. Dan pastikan gunakan interior yang tepat agar apartemen sempit terlihat lebar.
  4. Jika sudah menemui peminat, buat kesepakatan untuk masalah penyewaan apartemen. Hal ini penting untuk dilakukan agar masalah sewa menyewa ini jelas antara pemilik apartemen dengan calon penghuni. Kesepakatan yang harus dibahas adalah harga sewa, proses pembayaran, harus bayar setiap bulan atau tahun, sanksi keterlambatan yang ditetapkan jika penyewa telat membayar, bagaimana jika terjadi kerusakan, dan lain sebagainya. Semuanya lebih baik dibahas di awal agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Itu dia beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menyewakan apartemen. Semoga membantu dan selamat mempromosikan apartemen kalian 😀

Leave a Reply