You are here
Home > Bisnis > Ekonomi > Cairkan BPJS Ketenagakerjaan dengan Cara Ini

Cairkan BPJS Ketenagakerjaan dengan Cara Ini

Bagi kamu yang sudah berstatus karyawan, pasti memiliki BPJS Ketenagakerjaan yang diberikan oleh perusahaan. Serupa dengan asuransi kesehatan karyawan yang dibuat melalui agen asuransi, untuk BPJS Ketenagakerjaan ini sendiri telah berstatus hukum seperti yang tertuang di dalam Undang-undang yang mengatur jaminan untuk sosial tenaga kerja dan wajib untuk setiap perusahaan Biasanya, jaminan yang ditanggung pun berupa jaminan hari tua, jaminan kematian, jaminan pensiun, jaminan kecelakaan kerja, dan sebagainya.

Awal mulanya, BPJS Ketenagakerjaan memang bisa dicairkan selama karyawan sudah menginjak usia 56 tahun, ataupun pada saat terkena PHK sekaligus sebab lain yang mengakibatkan BPJS Ketenagakerjaan harus dicairkan. Akan tetapi, dengan beredarnya peraturan baru, BPJS Ketenagakerjaan tidak hanya bisa dicairkan setelah usia 56 tahun, melainkan sebelum usia tersebut pun karyawan diperbolehkan mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan mereka tanpa harus menunggu masa keanggotaan selama 10 tahun.

Klaim Dana BPJS Ketenagarkerjaan

Tentu, hal ini akan semakin membahagiakan untuk karyawan, terlebih kini sudah tersedia layanan untuk pencairan dana secara online maka akan semakin mempermudah karyawan saat mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan. Untuk itu, buat kamu yang ingin mencairkan sejumlah dana dari BPJS Ketenagakerjaan dalam bentuk online, maka mengikuti beberapa cara ini mungkin akan sangat membantu kamu. Mari, menyimak!

Tahapan prosedur awal harus dilengkapi

Agar mempersingkat waktu, sebaiknya sebelum mencairkan dana kamu harus melakukan beberapa prosedur awal untuk mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan, misalnya seperti:

  1. Membuat akun melalui situs resmi dari BPJS Ketenagakerjaan, dengan cara melengkapi keseluruhan biodata data yang diminta.
  2. Setelah diisi, kamu akan mendapatkan nomor aktivasi yang dikirimkan ke email.
  3. Apabila sudah dikirim, pilih menu yang kamu inginkan.
  4. Selanjutnya, kamu bisa mengisi data di laman pengajuan klaim dalam bentuk elektronik.
  5. Dan tunggu beberapa saat sampai dikirimkan PIN melalui email ataupun SMS.

Memilih pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan di bidang JHT

Berbeda dengan klaim asuransi, dalam proses klaim dana BPJS Ketenagakerjaan di bidang JHT, ada tiga jenis klaim yang bisa Anda pilih ketika melakukan pencairan dana. Dimana, bisa memilih pencairan dana dengan klaim maksimal sebesar 10%, 30%, sampai dengan 100%.

Mematuhi keseluruhan prosedur

Supaya pencairan dana berhasil, sebaiknya Anda harus menunggu dan mematuhi keseluruhan prosedur yang diberikan oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan yang berbentuk online ini. Sebab, apabila kamu masih ngotot ingin cepat dicairkan, jangan harap deh bisa memperoleh pencairan dana sesuai dengan yang diinginkan.

Itu beberapa cara mudah mencairkan dana BPJS Ketenagarkerjaan. Semoga bermanfaat! –SH–

Leave a Reply