You are here
Home > Properti > Rumah > Cara Agar Tetap Bersih dan Kinclong

Cara Agar Tetap Bersih dan Kinclong

Bagi seorang ibu rumah tangga mengetahui cara cerdas membersihkan peralatan dapur, memang menjadi salah satu hal paling penting yang harus dipahaminya. Bagaimana tidak, dengan adanya cara cerdas ini maka ketika membersihkan semua peralatan dapur di rumah, Ibu pun dengan mudahnya bisa langsung membersihkan peralatan tersebut tanpa ada kendala. Tidak terkecuali, munculnya cara cerdas ini membuat waktu bersih-bersih Ibu di dapur juga bisa dipersingkat, tanpa meninggalkan noda yang membandel di peralatan dapur.

membersihkan peralatan dapur

Maka dari itu, mengikuti beberapa cara cerdas membersihkan dapur di bawah ini, bisa Ibu lakukan di rumah. Apa saja ya? Adalah diantaranya sebaga berikut;

  1. Microwave. Microwave, mungkin menjadi salah satu peralatan dapur yang sangat sulit untuk dibersihkan. Pasalnya, jika terdapat sisa makanan yang mulai mengeras di microvawe, maka makanan tersebut pun tidak akan mudah untuk dibersihkan. Namun, Ibu tidak usah khawatir dengan hal semacam ini, sebab kami memiliki cara jitu yang bisa langsung menghilangkan sisa makanan ini. Bagaimanakah caranya? Ibu tinggal memasukkan semangkuk air ke dalam microwave, dan panaskan sampai mengeluarkan uap. Tunggu sampai dingin, selanjutnya Ibu bisa membersihkan sisa makanan menggunakan lap biasa.
  2. Talenan kayu. Sudah sangat jelas kita ketahui, jika talenan kayu biasanya digunakan untuk memotong ikan maupun daging yang akan dimasak untuk makanan keluarga. Namun, karena dipakai sebagai pemotong kedua bahan tersebut, tentu menimbulkan bau amis yang tidak sedap untuk dicium. Untuk itu, setelah dimanfaatkan untuk memotong daging atau ikan, maka bersihkan dengan jeruk nipis ataupun lemon. Dengan cara menggosokkan potongan jeruk ke permukaan talenan kayu, biarkan beberapa saat kemudian cuci bersih talenan Ibu.
  3. Wajan. Menjadi satu diantara tempat yang dipakai sebagai membuat bahan olahan makanan, tentu wajan tak luput dari kerak yang biasa muncul di wajan. Ya, jika kerak sudah meliputi wajan, biasanya proses pembersihannya pun akan memakan waktu lama dan malahan ada yang tidak bisa dibersihkan. Nah, untuk menghilangkan kerak ini, Ibu bisa memanfaatkan garam yang ditaburi ke wajan. Kemudian gosokkan garam ke permukaan wajan yang terdapat kerak menggunakan spons pencuci piring. Lakukan ini sampai kerak benar-benar terangkat.
  4. Wastafel. Ibu tentu sudah tidak asing dengan wastafel? Ya, peralatan dapur yang dipakai sebagai wadah untuk mencuci piring ini, dapat pula dibersihkan dengan cara menaburkan baking soda yang biasa dijadikan sebagai bahan untuk pengembang kue. Kemudian, sikat baking soda ke seluruh permukaan wastafel, tunggu beberapa saat lalu bilas dengan air bersih. Wastafel bersih mengkilap pun akan langsung didapat.

Itu sedikit cara membersihkan peralatan dapur agar tetap terlihat bersih. Semoga membantu!

Leave a Reply