You are here
Home > Hobi > Cara Memaksa Lawan di Olahraga Badminton Agar Tidak Bisa Menyerang

Cara Memaksa Lawan di Olahraga Badminton Agar Tidak Bisa Menyerang

Suka bermain badminton? Teknik apa yang Anda gunakan untuk mengalahkan lawan? Setangguh apapun lawan main, akan tetap ada celah yang bisa dimanfaatkan untuk mengalahkannya. Teknik dasar yang dikuasai oleh pemain menjadi kuncinya. Tidak perlu smash berkali-kali, hanya jika ada kesempatan saja bisa digunakan, lawan akan tersungkur kelimpungan mengembalikan shuttlecock.

Cara seperti ini akan jauh lebih efektif. Malahan tidak menguras tenaga karena waktu yang dibutuhkan tidak terlalu lama. Pertanyaannya kemudian, teknik dasar seperti apa yang bisa membuat lawan kewalahan? Jawabannya adalah teknik pukulan drive.

Apa Itu Pukulan Drive?

Dalam permainan badminton, pukulan drive sendiri menjadi teknik dasar yang terbilang istimewa. Dan tidak semua pemain menerapkannya karena tipikal permainannya yang berbeda. Namun begitu, terkadang pukulan seperti ini tetap dilakukan. Tujuannya adalah untuk mematikan pergerakan atau serangan lawan.

Badminton

Malahan, lawan main tidak bisa menyerang. Atau dengan kata lain, lawan dipaksa untuk bertahan saja. Inilah kelebihan dari pukulan drive. Oleh karenanya, kemampuan ini yang bisa diasah dengan baik akan membuat pemain lebih on fire, dan bisa menjungkalkan sampai membuat lawan putus asa.

Nah, pukulan drive sendiri merupakan pukulan yang diarahkan mendatar dengan begitu cepatnya. Makanya, pemain lawan hanya dipaksa untuk mengembalikan shuttlecock sebisanya. Bahkan kalau memungkinkan, pemain lawan dipaksa untuk memberikan shuttlecock lebih ke atas. Hasilnya, Anda bisa melakukan smash keras menukik dengan hasil yang lebih sempurna.

Bagaimana Cara Melatih Pukulan Drive Ini?

Setiap pemain memiliki skill khusus dalam permainan, entah itu badminton atau permainan lainnya. Dan biasanya skill ini dikuasai penuh oleh pemain, tentunya menjadi senjata utama dibandingkan teknik dasar lainnya. Pukulan drive ini akan cocok bila dimaksimalkan oleh pemain ganda. Karena permainan menggunakan teknik ini membutuhkan stamina luar biasa.

Betapa tidak, kecepatan dan ketepatan menjadi kunci. Dan biasanya mengakhiri permainan dengan smash keras yang tentunya butuh tenaga ekstra untuk menyelesaikannya. Jika tidak, maka teknik ini akan menjadi boomerang. Permainan Anda malah menjadi titik lemah yang akan membuat Anda jatuh bangun sendiri.

Untuk melatihnya, ada 3 tahapan sendiri. Terutama untuk membuat Anda lebih mahir dalam menerapkan teknik ini. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Terampil memakai grip

Ketika menjalankan teknik ini, mau tidak mau Anda harus terampil memainkan grip. Paling tidak, Anda seharusnya memiliki kecepatan dalam memindahkan posisi memegang raket.

  • Latihlah kekuatan bahu

Selain memiliki kemampuan memindahkan posisi tangan saat memegang raket, hal lain yang harus diperkuat adalah bahu. Ingat, bahu diperkuat agar menguatkan tangan saat memukul shuttlecock. Makanya, shuttlecock akan berjalan lebih cepat ke bidang lawan.

  • Nyaman ketika bermain dengan strategi tersebut

Intinya, kekuatan dan kecepatan dalam memainkan permainan menjadi kunci untuk pukulan drive. Dan pastikan, Anda nyaman bermain seperti ini.

Untuk mendukung kenyamanan, perlengkapan lain seperti sepatu dan tas raket harusnya mendukung. Tentu saja agar Anda bisa melangkah lebih cepat.

Sepatu dan tas raket merk Li-Ning sesuai dengan kebutuhan Anda. Menariknya, Blibli.com menjual tas raket badminton Li-Ning original dan juga sepatu badminton kualitas terbaik dengan merk yang sama. Cukup browsing, sehingga Anda tidak perlu repot-repot mencarinya.

Leave a Reply