You are here
Home > Properti > Cara Memasang Mesin Pompa Air di Rumah

Cara Memasang Mesin Pompa Air di Rumah

Bagi kalian yang masih memanfaatkan air sumur untuk dijadikan sebagai sumber air di rumah, tentunya memerlukan salah satu alat teknik yang bernama mesin pompa air, yang berfungsi untuk mengambil air jauh lebih cepat dibandingkan dengan pengambilan manual atau tangan. Benar, kan? Tapi, terkadang banyak diantara kalian memilih untuk tidak memasang mesin pompa air ini di rumah, lantaran susah dan sulitnya pemasangan yang harus kalian lakukan. Namun, sebenarnya memasang mesin pompa air ini tidaklah sesulit yang kalian bayangkan, asalkan saja kalian memasangnya dengan tepat dan benar.

Pasang Pompa Air di Rumah
Sumber : www.familyhandyman.com

Nah, untuk mempermudah kalian memasang mesin pompa air ini, maka kami akan memberikan beberapa tips bagaimana cara memasangnya. Langsung saja disimak!

  1. Letakkan mesin pompa air yang akan kalian gunakan untuk mengambil air, sedeket mungkin ke sumber air atau sumur dan langsung perkecil pipa hisap yang terdapat di mesin pompa air. Hal ini bertujuan agar nantinya cipratan dari mesin pompa air akan bertambah. Tapi, jika ruangan di rumah kalian tidak memungkinkan untuk menghasilkan air yang sangat besar, kalian bisa mengaturnya dengan cara membatasi hisapan air yang akan di ambil.
  2. Ketika meletakkan mesin pompa air ini, sebisa mungkin jangan langsung terkena oleh panas matahari, hujan, sekaligus genangan air. Dan, pastikan sirkulasi untuk mesin pompa air ini cukup.
  3. Pasang juga beberapa klem2 pada pipa air, supaya nantinya mencegah terjadinya beberapa tekanan yang berlebihan pada mesin.
  4. Selanjutnya, pasang pipa pada mesin pompa air dan buat secara vertikal. Jika sudah dibuat secara vertikal, maka masukkan pipa ke dalam sumur dengan ujung pipa berjarak 30 m dari sumur, tapi ujungnya masih terendam air.
  5. Pastikan mesin pompa yang akan difungsikan untuk mengambil air dari sumur ini, jarak vertikal ujung pipanya tidak boleh jauh lebih besar dibandingkan dengan alat tangki pompa.
  6. Untuk pipa hisap yang digunakan untuk pengambilan air, sebaiknya pasang secara horizontal, supaya nanti hisapan airnya akan sangat besar.
  7. Agar tidak terjadi kecelaakn dan terkejut dengan sumber listrik saat menyalakan mesin pompa air ini, alangkah baiknya pasanglah kawat arde pada bagian tertentu di mesin pompa airnya.

Nah, gampang sekali bukan? Memasang mesin pompa air yang digunakan untuk mengambil air dari sumurnya? –SH–

Leave a Reply