You are here
Home > Otomotif > Mobil > Cek Ruas Tol Alternatif untuk Mudik Lebaran

Cek Ruas Tol Alternatif untuk Mudik Lebaran

Macet adalah kata yang sangat dekat dengan Anda ketika musim mudik lebaran. Bagaimana tidak, rasanya seluruh penghuni ibukota tumpah ruah di jalan menuju kampung masing-masing! Panjang antrian kendaraan di ruas-ruas jalan tol pun mulai bervariasi, ada yang padat merayap, ada juga yang sampai berhenti total. Kalau sudah begini, mobil-mobil pun biasanya angkat tangan: perlu berhenti sejenak untuk mendinginkan mesin. Yap, jangan sampai deh hal ini terjadi pada mobil mitsubishi pajero sport Anda ya.

Nah, untuk menghindari kemacetan seperti tahun-tahun sebelumnya, pemerintah sudah membuat beberapa alternatif ruas tol yang bisa dilalui ketika mudik nanti. Cari tahu yuk ruas tol apa saja yang akan dibuka. Siapa tahu bisa membuat mudik Anda menjadi lebih cepat dan pastinya anti macet!

  • Info Mudik Lebaran 2016Pejagan-Pemalang Seksi I dan II (Pejagan-Brebes Timur). Ruas tol sepanjang 20km ini sudah bisa dilalui sejak H-7 lebaran.
  • Surabaya-Mojokerto Seksi IV (Mojokerto-Krian) dengan total panjang 18 kilometer.
  • Mojokerto Barat-Mojokerto Utara sepanjang 5 kilometer.
  • Bawen-Salatiga sepanjang dengan total ruas tol sepanjang 15 kilometer.
  • Solo-Sragen sepanjang 25 kilometer.
  • Tol Gempol-Pandaan untuk ruas Bangil-Rembang sepanjang 7 kilometer.
  • Bakauheni-Terbanggi Besar yang menghubungkan Sabah Belau-Kota Baru sepanjang 5 kilometer dan Bakauheni-Desa Hatta sepanjang 7,1 kilometer.

Itu dia beberapa ruas jalan tol yang bisa dilewati sebagai alternatif ketika liburan lebaran. Selain itu, Kementerian PUPR menyatakan bahwa pihaknya akan meningkatkan pelayan di jalan tol agar tidak terjadi penumpukan kendaraan. Caranya adalah dengan melakukan integrasi transaksi jalan tol dari Jakarta hingga Brebes Timur. Sistem ini pun sudah diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Intergrasi transaksi ini akan terbagi menjadi dua klaster, dimulai dari Jakarta-Cikampek-Purwakarta-Padalarang-Cileunyi dan juga Cikopo-Palimanan yang masuk ke dalam klaster 1, serta Palimanan-Kanci dan Pejagan-Pemalang yang masuk ke dalam klaster 2. Selanjutnya, untuk pembayaran tol Jakarta-Brebes Timur, transaksi bisa dilakukan pada tiga gerbang tol yakni Gerbang Tol Cikarang Utama, Palimanan, dan Brebes Timur.

Semoga informasi dan artikel di atas bisa membantu Anda yang ingin pulang ke kampung halaman! (TR)

Leave a Reply