You are here
Home > Bisnis > Indonesia Siap Disejajarkan dengan Brazil Di Sektor Pertanian

Indonesia Siap Disejajarkan dengan Brazil Di Sektor Pertanian

Kenapa harus disamakan dengan Brazil? Kenapa tidak negara agraris dekat dengan Indonesia seperti Thailand? Tentu ada alasannya. Anda harus tahu ternyata keberhasilan Brazil dalam hal ekonomi nasional ternyata ditopang oleh sektor pertanian yang luar biasa.

Ini yang tidak banyak orang ketahui jika ternyata kehebatan Brazil dalam mengelola ekonomi nasional itu disebabkan karena keberhasilan pemerintah mengembangkan potensi di bidang pertanian.

Bagaimana dengan Indonesia? Tentu saja bukan tidak mungkin Indonesia bisa disejajarkan dengan Brazil. Bukan karena mengandalkan diri sebagai negara agraris saja, tapi ada fakta menarik kenapa Indonesia bisa menjadi negara seperti Brazil.

  • Lahan yang Besar

Ada yang mengatakan seharusnya Indonesia menjadi salah satu dari 5 negara utama yang mendorong sektor pertanian. Hal ini disebabkan lahan pertanian di Indonesia yang sangat luas.

Sektor Pertanian Di Indonesia

Meskipun ada pesimisme di masyarakat karena banyaknya lahan pertanian yang kini berubah menjadi bangunan, tapi pemerintah masih melakukan proteksi terhadap lahan produktif pertanian.

  • Kesadaran Petani Meningkat

Sekarang tidak hanya orang desa yang tidak berpendidikan saja yang mau bertani. Banyak sarjana dan orang-orang yang sudah berpengalaman dalam mengembangkan pertanian mau bercocok tanam.

Hal inilah yang membuat semakin banyak petani bisa meniru orang-orang sukses di bidang pertanian. Mereka bisa melakukan menerapkan cara bertanam yang efektif, yaitu dengan pengeluarkan modal yang minim dengan hasil yang maksimal.

Selain itu, tidak sedikit petani yang berani beralih menerapkan metode pertanian organik. Hal ini disebabkan mereka sudah tahu pasar mana yang harus mereka sasar. Apalagi masyarakat kini sudah semakin banyak yang beralih ke produk pertanian organik.

  • Support Sistem yang Baik

Tanpa support sistem yang baik, seperti mustahil jika sektor pertanian Indonesia bisa disejajarkan dengan Indonesia. Fakta menujukkan negara yang berhasil menjadi penopang produk pertanian dunia itu memiliki support sistem yang baik. Artinya, pemerintah memang fokus untuk membuat produk pertanian berkualitas terbaik.

Dan Indonesia sedang menuju ke sana. Sekarang ini, sudah banyak program pertanian yang sudah diterapkan seperti penyediaan bibit kualitas bagus, kepastian harga jual ketika masa panen, dan lain sebagainya. Support sistem ini pula yang membuat semakin banyak petani yang bersemangat untuk menanam.

Apakah Indonesia siap menjadi negara yang berjaya di sektor pertanian layaknya Brazil? Yang pasti, sekarang ini Indonesia sedang berjalan menuju ke sana.

Leave a Reply