You are here
Home > Bisnis > Informasi Investasi yang Bisa Meminimalisir Resiko Rugi

Informasi Investasi yang Bisa Meminimalisir Resiko Rugi

Apapun jenis investasi yang Anda pilih pasti beresiko. Tidak ada investasi yang zero resiko. Untuk itu, bukan jenis investasinya yang perlu dipertimbangkan ketika Anda ingin berinvestasi. Informasi investasi seputar profil resiko yang perlu diperhatikan.

Apa Yang Dinamanakan dengan Profil Resiko?

Sebenarnya ada tiga hal yang sangat menentukan bagaimana Anda bisa merasakan kenyamanan ketika melakukan investasi. Mungkin Anda sudah mempertimbangkan dua dari tiga hal tersebut, yaitu tujuan investasi dan jangka waktu melakukan investasi. Akan tetapi, Anda tidak mempertimbangkan hal yang ketiga, yaitu profil resiko.

Investasi

Bagaimana mengetahui profil resiko berinvestasi? Yaitu melihat bagaimana karakter orang yang berinvestasi, dalam hal ini diri Anda sendiri selaku investor.

Ada beberapa pertanyaan yang harus Anda jawab sehingga Anda tahu profil resiko Anda.

  • Bagaimana tingkat kecemasan Anda terhadap fluktuasi harga di pasar modal?
  • Berapa tingkat kerugian yang membuat Anda mulai khawatir?
  • Apakah kehidupan Anda tergantung pada bisnis dan investasi yang Anda lakukan?
  • Apakah Anda rencana jika terjadi penurunan pada nilai investasi?

Dengan menjawab beberapa pertanyaan tersebut, Anda mengerti betul profil resiko diri Anda sehingga Anda bisa mengukur seberapa nyaman Anda dalam melakukan investasi.

3 Profil Resiko Utama

Dari penjelasan tersebut di atas, ada tiga profil resiko utama. Di manakah posisi Anda?

  1. Konservatif

Ini merupakan profil resiko investor yang tidak berani mengambil resiko terlalu tinggi dalam berinvestasi. Biasanya, seorang investor yang seperti ini lebih memilih untuk menginvestasikan dana mereka dengan cara menabung deposito.

  1. Moderat

Jika Anda merupakan orang yang cukup berani dengan resiko buruk yang mungkin terjadi ketika berinvestasi, itu artinya Anda ada pada posisi moderat. Anda masih memberikan toleransi jika ternyata investasi yang Anda lakukan menuai kerugian yang kecil. Anda memahami betul bahwasanya persentasi rugi itu sangat mungkin terjadi namun Anda yakin bahwasanya kemungkinan untuk mendapatkan untung jauh lebih tinggi.

  1. Agresif

Kebanyakan orang yang sudah terjun lama di dunia investasi berani mengambil segala kemungkinan terburuk. Karena mereka sudah berpengalaman dan sudah tahu apa yang harus mereka lakukan untuk mendapatkan keuntungan dari investasi  yang mereka lakukan.

Meskipun demikian, profil resiko agresif ini mengerti betul bahwasanya ada kemungkinan modal pokok yang mereka gunakan untuk berinvestasi bisa saja hilang jika mengalami kerugian. Jadi, di posisi manakah diri Anda? Apakah tipe konservatif, moderat, atau agresif?

Leave a Reply