You are here
Home > Bisnis > Ingin Nyaman Ketika Bekerja? Tatalah Ruang Kantor!

Ingin Nyaman Ketika Bekerja? Tatalah Ruang Kantor!

Berkantor di gedung perkantoran seperti office tower Mega Kuningan atau gedung lainnya tentu space kantor akan terbatas. Suasana bakal terlihat sempit jika karyawan yang bekerja cukup banyak, tentu ini akan semakin sulit untuk menata ruang kantor agar membuat suasana kerja makin nyaman. Apalagi sekarang desain kantor yang unik dan colorful biasanya akan lebih menarik perhatian, khususnya para calon client. Jika seperti ini kondisinya, akan jadi sebuah PR untuk menentukan desain yang tepat dan ujung-ujungnya si bosĀ akan mengeluarkan budget tambahan untuk menyewa ruangan tambahan untuk bisa membuat ruangan kantor bisa lebih luas dan nyaman.

Memiliki ruangan kantor yang tertata rapi secara tidak langsung akan memberikan Anda energi tambahan dan semangat tersendiri ketika bekerja. Nah, jangan khawatir yah karena ada ko beberapa tips menata ruang kantor yang bisa membuat para karyawan bisa bekerja dengan nyaman.

  • Meja Kantor

 Ruang Kantor Yang NyamanTips pertama, coba deh Anda perhatikan posisi dan penempatan dari meja kerja. Posisikan meja kerja berada tepat di arah datangnya sinar atau cahaya! Banyak loh artikel yang menjelaskan, bahwa cahaya mampu alirkan energi untuk menambah kekuatan untuk tubuh dan juga pikiran ketika bekerja.

  • Tempat Duduk

Ada baiknya untuk menghindari posisi duduk yang langsung menghadap atau membelakangi jendela. Ini ada kaitannya dengan Feng Shui yang katanya bisa pengaruhi kinerja karyawan dan ujung-ujungnya bisa mempengaruhi kemakmuran dan rezeki bagi perusahaan tersebut.

Namun jika ruangan kantor terbatas dan tidak memungkinkan untuk dilakukan perubahan, maka usahakan jendela harus ditutup rapat dengan menggunakan tirai tebal. Atau jika terpaksa, maka usahakan untuk meletakkan cermin kecil di meja kerjanya.

  • Tempat Penyimpanan Dokumen

Pastikan untuk menata dengan rapi semua dokumen-dokumen sehingga tidak berantakan dan mudah menemukannya ketika membutuhkan. Letakkan dokumen-dokumen penting di sebelah kiri meja kerja (sesuaikan dengan bulan) atau simpanlah dalam rak penyimpanan untuk dokumen yang sudah lama. Dengan penataan dokumen secara rapi, aktivitas kerja Anda akan lebih lancar dan bahkan kerapihan meja kerja bisa menjadi salah satu penilaian.

  • Furniture Kantor

Agar tidak terlihat sumpek dan sempit, maka pastikan penggunaan furniture kantor tidak terlalu banyak sehingga tidak terlalu banyak memakan ruang kantor. Adapun furniture seperti rak buku ataupun lemari kabiinet penyimpanan dokumen pastikan diletakkan di space tertentu sehingga tidak menghalangi lalu lalang para karyawan dan tidak menghalangi pandangan.

Jangan pernah meletakkan lemari dibelakang pintu untuk memudahkan para karyawan bisa keluar masuk ruangan kantor.

  • Komputer

Penggunaan PC dekstop dan laptop bukan hal baru di dunia perkantoran. Khusus untuk PC desktop tentunya akan diberikan oleh bagian-bagian tertentu yang semua pekerjaannya dilakukan di dalam kantor seperti finance, HRD, dan beberapa divisi lainnya.

Nah, sebaiknya atur posisi monitor komputer sebaik mungkin sehingga Anda terasa nyaman ketika bekerja. Sedangkan untuk CPU baiknya diposisikan di bawah atau samping meja kerja, dengan demikian meja kerja Anda tidak terlihat sumpek dan sempit.

  • Alat Tulis dan Peralatan Lainnya

Usahakan meletakkan peralatan menulis seperti pulpen, pensil dan lainnya dimasukkan dalam wadah khusus sehingga rapi dan tidak berantakan. Selain enak dipandang mata, jika alat tulis terlihat berantakan tentu akan mengganggu aktivitas Anda selama bekerja. Oh iya, peletakkannya usahakan bisa langsung dijangkau tangan Anda jadi ketika Anda membutuhkan bisa langsung digunakan.

  • Hiasan Meja Kantor

Hiasan pada meja kantor ini bisa pemanis dan terkadang bisa juga sebagai penambah semangat kerja. Hiasan yang bisa ada di meja kerja seperti foto, tapi ini biasanya ini untuk meja kantor yang menggunakan sekat. Namun kini banyak kantor sudah jarang menggunakan jenis meja kantor seperti ini, karena komunikasi akan sedikit terhambat karena terhalang sekat tersebut.

Nah, jika kantor Anda menggunakan meja terbuka, pastikan hiasan meja kantor jangan terlalu banyak karena ini akan mengganggu pergerakan Anda ketika beraktivitas. Mungkin Anda bisa menaruh sebuah figura kecil untuk menaruh foto-foto bersama pasangan atau anak Anda bahkan satu team kantor. Ini seh tergantung selera Anda saja yah!

  • Penempatan Line Telepon

Setiap kantor tentu akan memasang line telepon untuk memudahkan dalam berkomunikasi sesama karyawan bahkan menghubungi client (untuk sales). Nah, oleh karena itu sesuaikan posisi line telepon di meja kantor Anda dengan tangan ketika menelepon. Hindari tempat yang susah dijangkau, karena ini pasti menyulitkan dan tidak akan nyaman.

Itulah beberapa tips dan cara menata ruangan kantor untuk membuat Anda bisa lebih nyaman ketika beraktifitas sehari-hari di kantor. Semoga artikel dan tips ini bisa bermanfaat untuk Anda!

Leave a Reply