You are here
Home > Bisnis > Ingin Sukses di Bisnis Retail? Hindari 3 Faktor Kegagalan Berikut

Ingin Sukses di Bisnis Retail? Hindari 3 Faktor Kegagalan Berikut

Newsmast.com – Sudah banyak yang menyarankan untuk melakukan bisnis retail di tengah ekonomi yang sedang suram ini. Ya, memang benar. Bisnis ini sekarang mudah ditemukan dan bahkan, beberapa retailer sudah menjamur di pelosok kota di Indonesia. Bisnis kecil dengan keuntungan menjanjikan dan mudahnya pengoperasiannya menjadikan banyak orang ingin sekali bergelut di bidang ini. Tapi tahukah Anda banyak dari mereka yang juga gagal dan mereka tidak pernah tahu sebabnya?

Jika Anda ingin terjun ke bisnis ini dan berharap bisnis retail sukses, pikirkan terlebih dahulu! Dan yang paling penting mengenali alasan mendasar dan fatal kenapa retail business tidak bisa berkembang bahkan bangkrut atau collapse.

Hanya Dijadikan Pekerjaan Sambilan

Ya, umumnya, pebisnis retail tidak mengandalkan retail sebagai satu-satunya usaha. Mereka pasti memiliki usaha-usaha lain yang sudah berjalan. Dan umumnya, mereka kemudian ingin membuka toko retail dengan modal besar, tapi dianggap sebagai pekerjaan sambilan. Inilah yang juga dilakukan oleh orang-orang yang sudah memiliki pekerjaan tapi ingin menambah penghasilan dengan membuka bisnis retail.

Tips Sukses Jadi Pengusaha Bisnis Retail

Justru inilah yang menjadi sebab kegagalan mereka. Bisnis apapun, perlu fokus dan ini memerlukan perhatian yang tidak bisa dianggap sebagai sambilan. Jadi, jika Anda ingin terjun, terjunlah di dalamnya dan fokus kepada usaha Anda sehingga Anda menyempatkan waktu untuk melihat perkembangan bisnis Anda.

Administrasi dan Pembukuan Semrawut

Dan karena dijadikan sambilan saja dan tidak pernah fokus, administrasi dan pembukuan toko pun tidak pernah terekam dengan baik. Padahal dalam bisnis, pembukuan sangat penting. Pembukuan memberitahukan kepada Anda arus kas masuk dan keluar. Mereka yang tidak memperhatikan pembukuan akan terkejut kalau tiba-tiba stok di toko habis, tapi tidak ada uang yang masuk. Akibatnya, modal usaha hilang tanpa tahu kemana perginya dan akhirnya gulung tikar.

Seharusnya, pembukuan harus dilakukan dengan tertib seberapa kecilnya usaha retail Anda. Segala pembelian dan penjualan tercatat sekecil apapun. Dengan begitu, semua stok terpantau. Uang usaha tidak boleh dicampur untuk keperluan lain sehingga jumlah modal juga utuh dan terpantau sehat.

Kurang Publikasi

Memang, ini menjadi masalah klasik dan umum terjadi di banyak tempat. Publikasi bisnis dan usaha retail sangat minim. Padahal, untuk pengembangan usaha Anda, publikasi vital. Publikasi akan membuat orang tau bahwa ada toko retail di suatu tempat. Anda bisa menggunakan berbagai macam media seperti media sosial yang gratis, pamflet berisi diskon dan lain-lain.

Nah, itulah 3 faktor utama kegagalan sebuah usaha retail. Jika sekarang Anda sudah bertekad, hindari betul 3 faktor di atas dan lambat laun, bisnis retail Anda akan sukses dan terus berkembang.

Leave a Reply