You are here
Home > Gaya Hidup > Parenting > Ini Dia Buah-buahan yang Cocok untuk MPASI

Ini Dia Buah-buahan yang Cocok untuk MPASI

Ketika si kecil sudah memasuki usia enam bulan, Bunda pasti memberinya makanan pendamping asi atau biasa disingkat dengan MPASI, bukan? Yap, pemberian MPASI pada usia enam bulan memberikan cukup banyak manfaat untuk sang buah hati seperti menjaga sistem imun sehingga tidak mudah diserang penyakit, memenuhi asupan nutrisi harian, membantu perkembangan otak, menyehatkan tubuh, menghindari terjadinya defisiensi (kurang) gizi, dan masih banyak yang lainnya.

MPASI dari Pisang dan Apel

Karena memiliki banyak manfaat inilah maka tidak mengherankan makanan pendamping asi diberikan setelah anak berusia enam bulan. Nah, bicara mengenai MPASI, ada beberapa buah-buahan yang cocok dijadikan sebagai makanan pendamping asi dan patut Bunda coba di rumah. Buah apa sajakah itu? Simak langsung, deh!

  1. Pisang. Bunda tentu sangat kenal betul dengan buah satu ini, kan? Ya, pisang merupakan salah satu jenis buah-buahan yang sangat bagus untuk makanan pendamping asi. Di dalam buah pisang sendiri tersimpan berbagai kandungan nutrisi seperti vitamin, asam folat, kalium, fosfor, dan sebagainya. Semua kandungan ini dapat meningkatkan kesehatan tubuh sekaligus membantu tumbuh kembang sang buah hati. Namun, karena anak masih berusia enam bulan, maka pemberian pisang sebaiknya dikeruk dengan sendok lalu baru berikan pada anak. Atau jika mau, bisa pula disajikan dengan bubur atau pure.
  2. Jeruk. Seperti yang diketahui, buah jeruk memang sangat bagus untuk kesehatan tubuh karena di dalam buah ini terkandung vitamin yang sangat tinggi. Vitamin ini tentu dapat menjaga kesehatan tubuh. Tidak hanya vitamin, jeruk juga mengandung kalium, kalsium, serat, dan asam folat yang bagus untuk kesehatan sang buah hati. Penyajiannya, Bunda bisa memeras jeruk, lalu hasil perasan bisa langsung diberikan pada si kecil.
  3. Tomat. Buah berwarna merah ini pun ternyata bagus sebagai makanan pendamping asi. Ini karena di dalam buah tomat mengandung vitamin A, asam folat, magnesium, seta, natrium, dan kalsium sehingga baik untuk menjaga daya tahan tubuh anak. Penyajian buah ini tidak harus memberinya tomat utuh, melainkan bisa dicampurkan ke dalam nasi maupun bubur yang dimakan si kecil.
  4. Apel. Buah apel juga sangat cocok bila dijadikan sebagai makanan pendamping asi, sebab di dalam buah apel ini tersimpan kandungan berupa vitamin C, vitamin A, magnesium, kalsium, fosfor, kalium yang berkhasiat untuk membantu meningkatkan perkembangan buah hati. Lantaran, apel memiliki tekstur yang cukup keras, maka buah ini disajikan dengan cara mengukusnya terlebih dahulu dan jika sudah lunak langsung lumatkan hingga cair seperti bubur atau memblendernya hingga halus.

Itulah beberapa buah yang cocok untuk MPASI atau makanan pendamping asi. Selamat berkreasi, Bunda!

Leave a Reply