You are here
Home > Gaya Hidup > Parenting > Inilah 4 Tips Yang Tepat Dalam Mendidik Anak Perempuan

Inilah 4 Tips Yang Tepat Dalam Mendidik Anak Perempuan

Seperti yang kita ketahui, bahwa anak perempuan sangat berbeda sekali dengan anak laki-laki, baik itu secara fisik maupun secara karakter. Ya, anak perempuan itu lebih peka perasaanya dibandingkan anak laki-laki. Maka dari itu, kita sebagai orang tua harus memahami betul bagaimana cara mendidik anak perempuan sejak dini yang sangat peka terhadap perasaannya. Namun pada kenyatannya, masih ada saja sebagian dari para orang tua yang kerap melakukan metode yang sama dalamĀ  mendidik anak perempuan dengan anak laki-laki. Lantas, seperti apakah metode yang tepat dalam mendidik anak perempuan? Dilansir dari berita terkini, setidaknya ada 4 tips tepat yang harus kita ketahui dalam mendidik anak perempuan :

  1. Selalu Mengajarkan Sifa-Sifat Yang Terpuji

Tips tepat yang pertama dalam mendidik anak perempuan, yakni dengan selalu mengajarkan sifat-sifat terpuji. Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa anak perempuan itu sangat peka perasaannya. Dengan demikian, maka taj heran jika anak perempuan lebih senang saat dipuji atau diberi penghargaan terhadap apa yang mereka lakukan. Oleh karena itu, ajarilah anak perempuan mu dengan sifat-sifat terpuji.

Tips Mendidik Anak Perempuan

  1. Ajarkan Mereka Supaya Menjadi Anak Yang Rajin dan Mandiri

Suatu hari nanti setelah dewasa anak perempuanmu akan menikah dan mempunyai suami, sehingga pada saat mereka berumah tangga, ia pun akan lebih terfokuskan untuk mengurusi suami dan anak-anaknya. Maka dari itu, ajarilah mereka sejak dini supaya rajin untuk membantu ibunya mengurus rumah tentunya sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.

  1. Ajarkan Anak Perempuan Akan Harga Dirinya

Seorang anak perempuan harus mengetahui tentang kehormatan dan harga dirinya, terutama aurat mereka. Sebagai orang tua, kita wajib mengajarkan mereka untuk tidak mengumbar auratnya. Seharusnya sejak dini mereka diajarkan untuk menutup auratnya dengan baik, sehingga diharapkan mereka dewasa nanti menjadi wanita yang bisa menjaga dirinya terutama auratnya dari laki-laki yang bukan mukhrimnya.

  1. Jangan Terlalu Keras

Tips terakhir dalam mendidik anak perempuan, yakni jangan terlalu keras kepadanya. Ya, yang dibutuhkan oleh orang tua dalam mendidik anak perempuannya itu bukanlah kekerasan, melainkan ketegasan.

Demikianlah ulasan singkat mengenai beberapa tips yang tepat dalam mendidik anak perempuan. Mengingat keterbatasan waktu yang ada, maka perjumpaan kita pada kesempatan kali ini hanya cukup sampai disini saja.

Leave a Reply