You are here
Home > Teknologi > Jangan Asal Saat Memilih Mesin Fax

Jangan Asal Saat Memilih Mesin Fax

Meskipun saat ini dunia bisnis sudah sangat bergantung dengan yang namanya internet dengan router wifi untuk saling berkomunikasi, namun ternyata beberapa teknologi lama tetap saja masih digunakan. Salah satunya yaitu mesin fax. Yap, cukup banyak perusahaan yang masih aktif menggunakan teknologi ini sehingga tidak mau menggunakan perangkat telepon murah dengan sistem telepon PABX jika tidak ada fitur fax di dalamnya.

Hal inilah yang menyebabkan penjualan mesin fax masih cukup diminati, baik yang tergabung dalam printer maupun yang hanya perangkat sendiri. Nah untuk Anda yang saat ini sedang mencari mesin fax untuk keperluan kantor, perhatikan beberapa hal berikut ini sebelum membelinya:

  • Kualitas
Mesin Fax
Photo : Anne Ahira

Kualitas yang dimaksud tidak hanya berkaitan pada kualitas hasil print mesin fax saja, tetapi juga terhadap kecepatan, kapasitas penyimpanan kertas dan cara pengoperasian. Mesin fax yang bagus harus mampu mencetak dalam kecepatan standar atau tinggi karena kecepatan yang terlalu lambat akan mempengaruhi transmisi masuk dan keluarnya dokumen. Selain itu, mesin fax juga harus mampu menyimpan kertas dalam jumlah yang cukup banyak, agar tidak ada kejadian kehabisan kertas saat menerima fax masuk. Mesin juga harus mudah dalam dioperasikan.

  • Brand

Ada beberapa brand mesin fax yang sudah sangat terkenal, sehingga kualitasnya terjamin. Namun jika Anda ingin mencoba untuk membeli mesin fax yang diproduksi oleh brand baru, maka Anda harus pastikan bahwa brand tersebut memiliki service center di kota Anda. Hal ini adalah langkah antisipasi jika ternyata kualitas dari brand tersebut memang kurang bagus, sehingga akan mudah bagi Anda meminta pertanggungjawaban.

  • Fitur

Biasanya mesin fax akan dilengkapi dengan beberapa fitur, carilah fitur yang paling Anda butuhkan. Misalnya fitur antrian, dimana mesin akan mampu untuk menerima dokumen masuk meskipun saat itu sedang mencetak sebuah dokumen yang telah masuk terlebih dahulu. Nantinya, setelah dokumen pertama selesai dicetak, maka mesin akan otomatis mencetak dokumen yang ada diantrian. Fitur lainnya yaitu memori, dimana mesin akan mampu menyimpan dokumen yang pernah dicetak oleh mesin tersebut sehingga ketika Anda memerlukannya, Anda hanya tinggal mencetak ulang.

Selain ketiga hal di atas, harga adalah hal penting yang harus Anda pertimbangkan. Ingatlah, semakin bagus kualitasnya, terkenal brandnya dan lengkap fiturnya akan membuat harganya menjadi tinggi. Jadi, bijaklah dalam menentukan yang sesuai kebutuhan Anda namun masih sesuai dengan budget. (Vita)

Leave a Reply