You are here
Home > Hobi > Fotografi > Jangan Sampai Kehilangan Foto, Begini Cara Backup-Nya

Jangan Sampai Kehilangan Foto, Begini Cara Backup-Nya

Setelah pulang dari liburan, bisa dipastikan galeri ponsel dan kameramu dipenuhi dengan foto-foto di tempat wisata. Tentunya, foto ini ingin terus kamu kenang dan dijadikan sebagai memori seumur hidup. Nah, jangan sampai salah langkah. Terlalu percaya pada ponsel bisa berakibat buruk. Segeralah untuk melakukan backup foto-foto tersebut agar kamu tidak kehilangan memori. Beginilah caranya. Pssst, kamu hanya butuh koneksi internet cepat dan juga perangkat elektronik kok, hehe.

  1. Simpan di perangkat elektronik, entah itu di laptop, flashdisk, memory card, atau bahkan di harddisk.

Menyimpan semua foto di ponsel sangatlah berisiko. Sebab kamu tidak memiliki backup di tempat lain. Jadi, ketika terjadi sesuatu pada ponselmu, entah itu rusak, dicuri, atau bahkan tidak bisa digunakan lagi, maka semua foto yang tersimpan di ponsel bisa hilang.

Backup dengan HDD

Oleh sebab itu, biasakan untuk selalu melakukan backup foto di laptop atau simpan di flashdisk, memory card, atau bahkan harddisk. Dengan demikian, kamu memiliki cadangan penyimpanan dan foto-fotomu pun aman di kemudian hari. Bahkan kalau mau lebih simpel dan aman, burn saja foto-fotomu dalam bentuk CD.

  1. Manfaatkan cloud storage.

Sekarang ini, ada banyak sekali layanan penyimpanan cloud atau cloud storage yang bisa digunakan. Kalau kamu termasuk ke dalam tipe orang yang malas untuk melakukan backup ke laptop karena repot harus menyambungkannya dengan kabel, kamu bisa memanfaatkan fitur ini nih.

Cloud Backup

Silakan pilih aplikasi penyedia cloud storage, lalu simpan deh semua foto-foto tersebut di dalamnya. Kapan pun kamu butuh, kamu bisa membukanya di ponsel atau bahkan di laptop. Simpel, kan? Untuk menggunakannya, kamu hanya harus terkoneksi dengan jaringan internet atau wifi.

  1. Cetak dalam bentuk fisik.

Cara lain untuk menyelamatkan foto-foto kenanganmu selama liburan adalah dengan mencetaknya. Memang sih, cara ini sedikit memakan biaya karena mencetak foto tidaklah murah.

Cetak Foto

Akan tetapi, kita juga tidak pernah tahu kan apakah semua data yang disimpan pada perangkat elektronik bisa sepenuhnya aman? Nah, mencetaknya bisa menjadi salah satu cara untuk menyimpan foto. Dengan demikian, kamu bisa bebas melihat semua foto-foto tersebut dalam bentuk fisik.

Dari tiga cara backup foto di atas, mana nih yang paling sering kamu lakukan? Kalau penulis sih lebih suka cara yang ketiga karena fotonya bisa langsung disimpan dalam album ataupun dipajang di dinding. Selamat mencoba, ya!

Leave a Reply