You are here
Home > Gaya Hidup > Kenapa Perlu Mengurangi Penggunaan Kantong Plastik ?

Kenapa Perlu Mengurangi Penggunaan Kantong Plastik ?

Mengurangi Penggunaan Kantong PlastikSaat Anda membeli sesuatu di supermarket terdekat, coba perhatikan, adakah hal yang ditawarkan oleh kasir selain menyumbangkan sisa kembalian Anda untuk yayasan panti asuhan? Yap, kini kasir supermarket akan menanyakan apakah Anda ingin barang belanjaan Anda dibungkus dengan kantong plastik atau tidak. Kalau ya, maka Anda akan terkena charge seharga 200 rupiah per kantong plastik yang digunakan. Sebelum diterapkannya hal ini, mungkin Anda selalu membawa belanjaan Anda dengan kantong plastik dan pada akhirnya kantong plastik akan tertumpuk di rumah dan tercecer dimana-mana bahkan sampai berantakan di meja ruang tamu rumah Anda.

Untungnya, kini peraturan kantong plastik seharga 200 ratus rupiah sudah diterapkan, jadi Anda akan berpikir dua kali untuk menggunakan kantong plastik. Kenapa sih pemerintah sangat peduli akan penggunaan kantong plastik ini? Alasannya yaitu karena dampak pemakaian kantong plastik yang sudah terlalu banyak dan merugikan lingkungan. Nah, beberapa alasan berikut ini akan membuat Anda mengerti seberapa pentingnya mengurangi penggunaan plastik.

  • Plastik diproduksi Menggunakan Minyak

Dalam memproduksi plastik ternyata dibutuhkan bahan dasar dari minyak mentah. Pengambilan minyak mentah ini bisa menyebabkan emisi gas rumah kaca dan merusak iklim sehingga harus dilakukan seminimal mungkin. Daripada memproduksi kantong plastik, minyak dapat digunakan untuk memproduksi hal yang lebih penting tentunya.

  • Limbah Plastik Merusak Lingkungan

Pengolahan limbah plastik dapat membahayakan lingkungan karena akan menyebarkan racun ke saluran air yang nantinya akan merepotkan manusia.

  • Sampah Plastik Membunuh Satwa Laut

Selain manusia, hewan pun akan terkena imbas dari pembuangan plastik. Sampah-sampah yang tidak dapat diolah akan terbawa ke laut dan tidak sengaja termakan oleh ikan-ikan yang akan berakibat fatal. Banyak ikan laut yang mati dan setelah diteliti, ternyata banyak sampah plastik di dalam perutnya.

Sebagai solusinya, Anda bisa melakukan hal-hal ini untuk mengatasi masalah penggunaan kantong plastik.

  • Gunakan reusable bag

Saat berbelanja, Anda bisa membawa tas yang bisa digunakan berulang kali sehingga tidak perlu memakai kantong plastik.

  • Tidak Langsung Membuang Sampah Plastik

Sehabis menggunakan kantong plastik, Anda sebaiknya jangan langsung membuangnya melainkan dikumpulkan dan diberikan kepada pemulung agar lebih mudah di daur ulang.

  • Tidak Membakar Sampah Plastik

Anda tak perlu membakar sampah kantong plastik karena hal tersebut hanya akan semakin menyebabkan polusi lingkungan.

Yuk, selamatkan lingkungan dari polusi plastik! (Rima)

Leave a Reply