You are here
Home > Otomotif > Motor > Kerugian Menggunakan Komponen Injeksi untuk Motor

Kerugian Menggunakan Komponen Injeksi untuk Motor

Selain memiliki banyak keuntungan, ternyata komponen injeksi yang biasanya digunakan untuk menyuplai bahan bakar yang bercampur dengan udara ini mempunyai beberapa kerugian. Meski tidak berakibat fatal kepada sepeda motor, namun tetap saja kerugian yang dihasilkan oleh komponen injeksi ini dapat membuat kanker alias kantong kering. Lantaran, harga jual komponen yang satu ini cukup mahal dan sangat jauh berbeda dengan harga jual oli samping idemitsu yang dikhususkan untuk sepeda motor. Yang paling mengesalkan, masih sedikit bengkel sepeda motor yang bisa memperbaiki komponen injeksi ini jika mengalami kerusakan.

Mesin Injeksi
Sumber Gambar : Tribun Jateng

Lantas, apa sajakah kerugian yang diberikan oleh komponen injeksi ini apabila digunakan untuk komponen sepeda motor? Berikut ini adalah beberapa kerugiannya:

  1. Dijual dengan harga yang cukup mahal. Seperti yang sudah dikatakan di bagian sebelumnya, dimana harga jual komponen injeksi cukup mahal apabila dibandingkan dengan komponen lainnya. Meskipun begitu, namun jika sebuah sepeda motor menggunakan komponen injeksi ini, maka akan menghasilkan pembakaran yang sangat sempurna. Sehingga, membuat sepeda motor akan memberikan kualitas yang bagus untuk para penggunanya.
  2. Jumlah bengkel yang bisa memperbaiki komponen ini masih terbilang sedikit. Meski menghasilkan kualitas penyuplaian bahan bakar dengan kualitas yang sempurna, namun sayangnya ketika komponen injeksi rusak maupun butuh untuk di service maka masih sedikit bengkel yang bisa memperbaikinya. Hal ini dikarenakan bengkel masih belum memiliki alat yang bisa dapat memperbaiki komponen ini.
  3. Sepeda motor yang menggunakan injeksi ini susah apabila akan dimodifikasi. Untuk para pengguna sepeda motor yang sangat menyukai melakukan modifikasi sepeda motor, maka siap-siap saja kalian tidak akan pernah mampu memodifikasi untuk komponen injeksi. Ini disebabkan oleh jika mengganti sistem pada perangkat komponen ini sama dengan sistem pada main jer.
  4. Sangat sensitif dengan sistem kelistrikan pada sepeda motor. Kelemahan atau kerugian yang diberikan oleh injeksi ini adalah sangat sensitif dengan sistem kelistrikan pada sepeda motor, dikarenakan komponen ini menggunakan sistem komputer untuk menjalakannya. Untuk itu, apabila terdapat kosleting listrik pada motor, akan berakibat pada komponen injeksi.

Itulah beberapa kerugian yang diberikan oleh komponen injeksi ini. Semoga bermanfaat –SH

Leave a Reply