You are here
Home > Bisnis > Ketahui Standar Kompetensi Mekanik dan Operator Alat Berat

Ketahui Standar Kompetensi Mekanik dan Operator Alat Berat

Mahir dan terlatih dalam pengoperasian berbagai jenis alat berat, seorang mekanik dan operator alat berat juga harus bisa merawat baik alat berat itu sendiri termasuk spare part alat berat. Apapun brand alat beratnya seperti spare part alat berat Komatsu ataupun brand lainnya. Selain itu, para mekanik dan operator alat berat sendiri harus paham betul mengenai standar kompetensi alat berat. Hal ini menjadi keharusan karena dengan memahami standar kompetensi, si operator maupun mekanik alat berat akan lebih paham akan tugas dan lebih terlatih dalam pengoperasian plus pemeliharaan standar alat berat. Perawatan spare part alat berat dengan baik ini juga bisa menjadi salah satu tips menjual spare part alat berat bekas agar dapat ditawarkan dengan harga yang tinggi.

Standar kompetensi alat berat merupakan pengakuan mengenai keterampilan dan pengetahuan para mekanik dan operator alat berat seputar alat berat. Nah, untuk memenuhi standarisasi ketika bekerja, maka para mekanik dan operator alat berat harus mendemostrasikannya sebelum bekerja di lapangan. Standar-standar tersebut juga akan dijadikan acuan untuk mengukur tingkat kemampuan seorang mekanik ataupun operator dalam pengoperasian unit atau mesin alat berat sekaligus maintenance & repair baik di industri yang berhubungan dengan penggunaan alat berat seperti industri tambang, proyek atau konstruksi, kayu (Logging) sekaligus pelabuhan.

Standar Kompetensi Mekanik dan Operator Alat Berat

Dengan kata lain standar kompetensi operator dan juga pemeliharaan sekaligus perbaikan alat berat merupakan sebuah kerangka kerja yang akan disesuaikan dengan kebutuhan yang terkait. Manfaat lain dari adanya standar kompetensi bisa dipergunakan sebagai dasar untuk :

  • Menyusun uraian detail pekerjaan.
  • Mengembangkan program pelatihan dan sumberdaya manusia.
  • Menilai performa kerja seseorang.
  • Akreditasi profesi ditempat kerja.

Penggunaan Standar Kompetensi Alat Berat

Petunjuk standar kompetensi alat berat untuk seorang mekanik ataupun operator akan dibuatkan menjadi sebuah dokumen yang akan berisi pernyataan mengenai apa saja yang harus dan mampu dilakukan di lapangan tempat bekerja. Meskipun demikian standar kompetensi tidak dibuat secara detail sehingga bisa mengetahui si mekanik atau operator dapat memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap yang dibutuhkan. Karena biasanya nilai perolehan dari memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap yang dibutuhkan akan didapatkan dalam materi standar latih dan penilaian. Petunjuk standar kompetensi ini agar memudahkan si mekanik ataupun operator alat berat bisa menerapkan pada semua kondisi pekerjaannya.

Nah, jika Anda tertarik menjadi seorang mekanik atau operator alat berat maka pastikan semua prosedur dan standar kompetensi ini dapat Anda ketahui sekaligus diterapkan! –apuy

Leave a Reply