You are here
Home > Entertaiment > Mendingan Mana, TV Satelit atau TV Kabel?

Mendingan Mana, TV Satelit atau TV Kabel?

Kini, penggunaan TV kabel maupun TV satelit mulai diminati oleh masyarakat Indonesia. Gimana nggak, dengan adanya kedua jenis TV berbayar yang sangat membantu ini, membuat masyarakat pun sudah dapat menikmati berbagai siaran televisi luar yang menyajikan beragam acara seru baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Sama-sama menampilkan langganan yang bisa dijadikan sebagai media untuk menayangkan banyak acara luar untuk masyarakat, baik TV satelit maupun TV kabel tentu memiliki perbedaan yang mungkin banyak belum diketahui dan dipahami oleh masyarakat luas.

Tv Kabel

Oleh sebab itu, sebelum memutuskan diri untuk menggunakan layanan dari kedua TV berbayar ini, maka sangat disarankan sekali untuk Anda pengguna mengetahui beberapa perbedaan yang dimiliki. Mari, disimak pembahasannya!

TV Satelit

TV satelit merupakan sistem penyiaran yang pemancarnya mirip dengan komunikasi satelit, sekaligus memiliki kesamaan dengan televisi kabel maupun televisi lokal. Untuk layanannya sendiri, TV satelit ini ditambahkan dengan sinyal lokal yang masih terbilang kuno, sehingga mampu memberikan pelayanan serta jangkaun yang cukup luas.

Berikut adalah beberapa hal yang wajib diketahui dari TV satelit;

  • TV satelit menggunakan antena parabola dan receiver ditigal untuk menangkap berbagai jaringan yang diambil dari satelit.
  • TV satelit memiliki jangkauan area lebih luas, sebab menggunakan tambahan dari antena parabola yang memancarkan sinyal.
  • Untuk sinyalnya sendiri TV satelit lebih kuat karena memakai sinyal digital.
  • Tayangan dari TV satelit hanyalah 250 channel.
  • Harga yang ditawarkan TV satelit jauh lebih mahal.

TV Kabel

TV kabel atau disebut dengan cable television ialah sebuah layanan yang menyiarkan berbagai acara televisi melalui frekuensi radio dan ditransmisikan dengan serat optik tanpa ditambahkan dengan layanan pemancar dari jaringan lokal.

Hal yang harus diperhatikan dari TV kabel;

  • Berbeda dengan TV satelit yang memanfaatkan jaringan tambahan, untuk TV kabel ini hanya memakai jaringan sendiri yakni kabel coaxial yang menampilkan jaringan digital.
  • Area dari TV kabel ini sendiri hanya mencakup daerah yang masih berdekatan dengan kantor TV kabel. Apabila tidak, maka terkadang pelayanannya susah untuk dirasakan masyarakat.
  • Lantaran menggabungkan sinyal analog dan digital, oleh karena itu sinyal TV kabel lebih rendah bila dibandingkan TV satelit.
  • Namun, untuk tayangan yang disiarkan TV kabel bisa mencapai 300 channel
  • Untuk harganya TV kabel sedikit lebih murah.

Gimana? Menurut Anda mendingan mana antara TV kabel dan TV satelit ini? –SH

Leave a Reply