You are here
Home > Bisnis > Mengapa Investasi Bodong Tetap Memakan Korban?

Mengapa Investasi Bodong Tetap Memakan Korban?

Praktek Investasi Bodong
Gambar : Detik Finance

Pernah mendengar berita tentang orang yang tertipu karena investasi bodong? Investasi bodong memang sedang marak diberitakan di berbagai media, baik itu media cetak, elektronik, hingga media sosial. Hal ini tentu bisa membuat para investor pemula menjadi ragu ketika ingin mulai berinvestasi.

Modus yang dilakukan penipu ini biasanya dengan mengiming-imingi imbal hasil yang sangat besar dalam waktu singkat kepada calon investor. Tak hanya itu, mereka juga menyertakan surat dan sertifikat yang seolah-olah asli untuk meyakinkan si korban. Padahal jika diteliti lagi, tidak ada investasi dengan return besar dalam waktu cepat.

Mengapa ada saja orang yang tertarik dengan penipuan berkedok investasi ini? Ternyata ada beberapa hal yang menjadi faktor pemicu maraknya investasi bodong ini. Apa saja?

Sifat yang serakah

Tidak bisa dipungkiri, sangat banyak orang yang memiliki sifat ini. Maka bukan tidak mungkin ada saja yang tertipu dengan uang yang banyak dalam jangka waktu yang singkat, kan?

Kurang pengawasan

Investasi illegal ini diperlukan pengawasan yang lebih ketat lagi, terutama saat sedang banyak kasus di Indonesia ini. Untuk itu, OJK selaku pengawas telah menandatangani nota kesepakatan dengan Kepolisian, Kementrian Perdagangan, Kementrian Komunikasi dan Informatika dengan upaya koordinasi pencegajan dugaan melawan hukum di bidang penghimpunan dana masyarakat.

Budaya yang instan

Banyaknya keinginan untuk cepat kaya tanpa bekerja keras menjadi faktor utama penyebab maraknya investasi bodong. Maka para penipu bisa dengan mudah mengambil uang dari korbannya dengan cara apapun. Biasanya korban terjerat hanya dengan tawaran persentase keuntungan yang sangat besar. Pada kenyataannya, bukannya untung, malah ketiban pulung.

Ingin berinvestasi namun takut tertipu dengan investasi ilegal? Saatnya Anda melirik ke investasi paling aman yaitu MEKAR. MEKAR adalah investasi yang baik dan menguntungkan baik bagi investor, maupun pengusaha kecil. Mengapa? Karena selain bisa dimulai dengan modal yang minim, Anda bisa membantu UMKM dibawah naungan MEKAR untuk memodali usaha mereka. Jadi investasi ini dijamin aman dan memiliki nilai sosial yang tinggi.

Leave a Reply