You are here
Home > Wisata dan Liburan > Modus Penipuan Pada Turis Saat Berlibur, Hati-Hati Yah!

Modus Penipuan Pada Turis Saat Berlibur, Hati-Hati Yah!

Sama halnya dengan bisnis pariwisata Indonesia di mana banyak warga lokal yang menarik keuntungan sebanyak-banyaknya, di luar negeri pun juga demikian lho. Banyak sekali modus yang beredar untuk menjebak para turis asing dan membuat mereka menderita kerugian lebih besar daripada seharusnya. Simak cara ini agar tidak terjebak, ya:

Harga makanan di restoran

Menurut warga lokal, harga makanan di restoran bisa saja berubah jika seorang turis yang memesannya. Terlebih jika restoran tersebut berada di dekat tempat wisata. Banyak masyarakat lokal yang mengakui harga yang ditetapkan untuk wisatawan kadang tidak sesuai dengan kualitas yang didapatkan.

Layanan di hotel

Hati-hati, banyak turis asing yang terjebak pada modus ini. Pasalnya, mereka menyangka bahwa uang menginap yang sudah dibayarkan di muka telah melingkupi semua layanan di hotel seperti fasilitas sarapan, layanan kamar, dan lain sebagainya. Tiba-tiba ketika check out, tagihan membengkak dan membuat wisatawan panik. Nah, jangan sampai terjebak pada modus ini. Pastikan biaya yang kita bayarkan sudah termasuk dengan layanan yang diinginkan sebelum memakainya.

Modus Penipuan Pada Turis

Pencopet di Barcelona

Ini dia modus penipuan yang sudah akrab di telinga para wisatawan. Barcelona memang terkenal dengan tingkat pencopetannya yang tinggi. Pencopet di negara ini punya berbagai cara untuk mengelabui para turis. Mereka beraksi di tempat-tempat ramai, seperti di tempat penjualan oleh-oleh berharga miring, di tengah keramaian penonton yang melihat tarian khas Barcelona, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk selalu memerhatikan barang bawaanmu di mana pun kamu berada, ya.

Taksi Lisbon

Kalau kamu berkesempatan untuk berlibur di Lisbon, sebaiknya hindari naik taksi di kota ini. Mengapa? Pasalnya, Lisbon terkenal pula dengan modus supir taksinya yang licin. Banyak kecurangan yang telah dilakukan taksi-taksi ini seperti tidak menggunakan argo, sengaja memutar-mutar penumpang dengan rute yang lebih jauh, hingga memeras penumpang untuk membayar lebih tinggi dari seharusnya.

Modus suvenir di Paris

Di Paris, banyak sekali orang-orang yang menawarkan aksesoris untuk dikenakan oleh para turis. Nah, jangan pernah mau memakainya meski kita sudah dipaksa sekali pun. Mengapa? Sebab ketika aksesoris tersebut sudah kita kenakan, mereka akan meminta kita untuk membayarnya meski kita tidak membutuhkan hal tersebut. Bahkan harganya bisa sangat tinggi, lho.

Jebakan harga café di Marseille

Menikmati keindahan kota Marseille bisa dilakukan dengan cara duduk santai sembari menyesap secangkir kopi. Nah, beberapa oknum memanfaatkan hal ini untuk mencari keuntungan sebanyak-banyaknya dengan menetapkan harga kopi yang sangat tinggi untuk turis.

Nah, jangan sampai hal ini terjadi pada kita, ya. Selamat berlibur dan tetaplah berhati-hati!

Leave a Reply