You are here
Home > Wisata dan Liburan > My Darling, Nama Perkampungan di Gunung Cikuray Garut

My Darling, Nama Perkampungan di Gunung Cikuray Garut

Ketika mendengar kata my darling, apa yang langsung terlintas di pikiran Anda? Lirik lagu yang biasa di dengar di dalam vivo smartphone Indonesia? Judul dari sebuah film? Atau kata-kata kasih sayang yang selalu diungkapkan kepada sang kekasih? Bukan, ini bukanlah sebuah lirik lagu, judul film bahkan kata kasih sayang yang diucapkan kepada kekasih, melainkan sebuah perkampungan penduduk yang berlokasi tepat di bawah kaki Gunung Cikuray, Garut, Jawa Barat. Memiliki nama yang cukup unik, tentu saja bisa dipastikan kampung ini pun selalu ramai oleh para wisatawan yang penasaran dengan kecantikan yang disuguhkan oleh kampung my darling ini.

Kampung My Darling di Garut

Lalu, kenapa nama perkampungan penduduk di pegunungan Cikuray Garut ini bisa seunik ini?

Melansir dari sebuah blog, menyatakan jika awal mulanya dibuat nama my darling oleh penduduk Gunung Cikuray ini, lantaran masyarakat yang tinggal di kampung ini berkeinginan besar untuk menjadikan kampung mereka jauh lebih asri dan semakin menarik ketika dikunjungi oleh para wisatawan yang datang dari luar perkampungan Gunung Cikuray. Sebenarnya, penamaan my darling ini merupakan sebuah akronim yang berasal dari kalimat masyarakat yang sadar lingkungan.

Oleh karena itu, akhirnya masyarakat setempat pun menyulap perkampungannya dengan cara menghias halaman depan rumahnya dengan berbagai tanaman dan bunga yang dihias semenarik mungkin. Bahkan, yang paling mengesankan, peralatan yang digunakan untuk menghias tanaman maupun bunga ini terbuat dari barang-barang bekas berupa kaleng minuman, ember, botol minuman, dan sebagainya.

Kampung Unik di Garut

Tidak hanya sampai disitu, dinding-dinding rumah penduduk yang tinggal di kampung ini juga di cat dengan warna cerah dan hampir mirip dengan warna dari pelangi. Sehingga, ketika melihat keasrian dari kampung my darling ini, maka akan membuat wisatawan semakin betah untuk berlama-lama di kampung ini.

Kampung Asri di Garut

Dan, kampung yang menyuguhkan pemandangan yang mampu memanjakan mata ini, berlokasi sekitar 18 km dari kota Garut dan membutuhkan sekurangnya 45 menit untuk bisa sampai ke kampung ini. Sedangkan, untuk luasnya sendiri kampung my darling memiliki luas sebesar 5 hektare dan membentang di kaki Gunung Cikuray Garut. Menariknya, mulai dari pertama kali kampung ini dibuka sampai dengan sekarang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Nah, untuk kamu yang merasa penasaran dengan keunikan yang dimiliki oleh kampung my darling ini, maka kamu bisa langsung mendatanginya bersama dengan keluarga tercinta. Selamat berlibur. –SH–

Leave a Reply