You are here
Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Pahami Ini Sebelum Konsumsi Obat Herbal

Pahami Ini Sebelum Konsumsi Obat Herbal

Ketika kita divonis menderita suatu penyakit kritis, tentulah yang menjadi salah satu pikiran kita adalah mengenai biaya. Apalagi biaya berobat saat ini semakin mahal saja. Jangankn untuk peenyakit kritis, untuk penyakit biasa saja cukup tinggi. Itulaah alasannya banyak orang yang memilih pengobatan alternatif dengan obat herbal. Misalnya memanfaatkan temulawak obat liver ketika divonis menderita masalah liver. Atau bahan alami lainnya untuk penyakit lain.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa sebenarnya Anda tidak boleh sembarangan saja dalam mengonsumsi obat herbal. Anda sebelumnya harus benar-benar memahami manfaat dari obat herbal yang akan Anda konsumsi. Sebab setiap bahan alami memiliki manfaatnya masing-masing, salah satu contohnya manfaat air jahe merah yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Pengobatan Herbal

Jika yang Anda konsumsi adalah obat herbal dalam bentuk ekstrak, biasanya dalam kemasan Anda sudah akan mengetahui apa saja manfaat dari obat tersebut. Seringkali satu obat herbal tidak hanya memiliki 1 manfaat, karena di dalamnya terkandung bahan lain. Manfaat ini saling melengkapi untuk memberikan fungsi maksimal.

Akan tetapi yang harus dingat adalah obat herbal membutuhkan waktu yang panjang untuk dapat mengobati suatu penyakit. Bahkan meskipun Anda berobat ke pengobatan alternatif paling terkenal sekalipun, mereka akan mengatakan hal yang sama. Itulah sebabnya pengobatan ini lebih efektif untuk mengobati penyakit dengan perkembangan yang lambat. Misalnya saja seperti kanker stadium awal yang berkembang dengan lambat. Pengobatan menggunakan obat herbal masih cenderung efektif (bergantung pada kondisi pasien). Sementara untuk pasien kanker stadium akhir, atau jenis kanker yang berkembang dengan cepat, pengobatan ini tidak mampu mengejar kecepatan perkembangan sel kanker.

Pengobatan dengan obat herbal tergolong aman, asalkan Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Izin

Pastikan obat herbal yang Anda konsumsi telah terdaftar memiliki izin BPOM. Dengan adanya izin ini, maka bisa dipaastikan bahwa bahan yang digunakan dalam pembuatan obat tersebut sudah sesuai dengan aturan, baik dari segi jenis bahan, kebersihan, dan berbagai hal lainnya. Selain itu, izin ini juga memastikan bahwa tidak ada kandungan obat kimia di dalam produk obat herbal tersebut. Sebab obat herbal tidak boleh menggunakan obat kimia dalam pembuatannya.

  • Dosis

Sama halnya dengan obat kimia, obat herbal juga memiliki dosis. Bahkan efek samping dari konsumsi obat herbal yang tidak sesuai dengan dosis ini bisa cukup berbahaya. Jadi pastikan untuk memerhatikan cara konsumsi yang tepat serta dosis maksimalnya. Umumnya, obat herbal hanya bisa bermanfaat jika Anda mengonsumsinya secara rutin.

Bagi Anda yang menderita suatu penyakit kritis dan mengonsumsi obat herbal yang disertai dengan obat kimia dari dokter, akan lebih baik jika mengonsultasikannya pada dokter Anda. Sebab bisa saja obat herbal tersebut memiliki reaksi terhadap obat kimia yang Anda konsumsi. Dengan mengonsultasikannya, Anda bisa menghindari berbagai efek samping yang mungkin terjadi. (Vita)

Leave a Reply