You are here
Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Pentingnya Mencuci Tangan Pada Anak

Pentingnya Mencuci Tangan Pada Anak

Artikel Informasi Dunia Parenting – Di kehidupan sehari-hari, kita banyak melihat anak-anak sering bermain di lingkungan yang berada diluar rumah semisalnya di halaman atau di lapangan dan kita tahu bahwa itu adalah lingkungan yang bisa membuat anak-anak sangat kotor pada waktu bermain terutama bada bagian tangan mereka yang selalu memegang apa saja. Karena itulah, betapa pentingnya untuk mengajarkan anak-anak dalam hal mencuci tangan.

Mencuci Tangan Itu Penting

Mencuci tangan merupakan suatu hal sangat penting karena dibagian tangan banyak terdapat kuman-kuman yang tidak terlihat. kegiatan seperti ini bisa membantu untuk mencegah tersebarnya kuman pada bagian tubuh yang lain dan bisa menjaga anak-anak agar tidak tertular terhadap penyakit. Untuk membasmi kuman, biasakanlah anak untuk mencuci atau membilas tangan mereka menggunakan air yang bersih atau agar lebih terjamin, gunakanlah sabun pencuci tangan.

Hal ini harus di terapkan pada setiap anak, karena pada sistem pertumbuhannya, anak-anak masih memiliki sistem pertahanan tubuh yang belum terlalu kuat dan sangat rentan terinfeksi kuman dan bakteri sehingga kondisi anak akan dengan mudah dapat terserang terhadap penyakit dibandingkan dengan orang-orang dewasa. Anak kemungkinan terinfeksi penyakit setelah tangan mereka yang kotor menyentuh mulut, mata, serta hidung mereka.

Mencuci tangan adalah cara yang efektif dan sederhana dalam hal mencegah penyebaran penyakit-penyakit yang menular seperti penyakit flu hingga penyakit kulit atau lainnya. Kuman yang terdapat pada tangan tidak bisa kita liat dengan kasat mata. Tetapi tanpa kita sadari, benda-benda yang kita sentuh tiap hari merupakan tempat berkumpul atau bersembunyi nya kuman. Seperti remote tv, handphone, uang, pegangan pintu, dan benda-benda lain yang sering kita pegang.

Penyebab datangnya penyakit adalah tangan yang tidak dicuci dengan baik, karena itu mencuci tangan harus dilakukan dengan baik dan benar. Jika perlu gunakanlah produk pencuci tangan yang mengandung alkohol setidaknya 50%. Selain itu, terapkanlah mencuci tangan pada anak sejak anak usia dini. Dengan begini, anak-anak akan menjadi mengerti serta memahami akan pentingnya mencuci tangan dan akan merasakan manfaatnya bagi kesehatan anak.

Leave a Reply