You are here
Home > Gaya Hidup > Pentingnya Serat Dalam Menu Makanan Sehat Setiap Hari

Pentingnya Serat Dalam Menu Makanan Sehat Setiap Hari

Menjaga kesehatan tubuh tidak bisa dilepaskan dari konsumsi harian. Oleh karenanya, menu makanan sehat wajib disediakan, khususnya makanan yang mengandung serat. Serat merupakan salah satu zat yang bermanfaat bagi tubuh. Begitu pentingnya peranan serat, Anda disarankan untuk terus menjaga konsumsi tersebut.

Nah, mau tahu apa saja manfaatnya dan dari mana asal serat itu? Mari temukan jawabannya di bawah ini!

Manfaat Dari Serat Untuk Tubuh

Berbicara mengenai serat, kebanyakan dari Anda tentunya familiar dengan zat ini. Normalnya, makanan berserat sangat baik dan cocok untuk program diet. Dan memang betul, serta sendiri bisa berperan untuk menurunkan berat badan sehingga tiap kali makan, Anda diharuskan mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tersebut.

Terlepas dari bahasan mengenai makanan pendukung diet, menu makanan sehat tinggi serat ini punya kelebihan lainnya dari sisi manfaat untuk tubuh. Salah satu manfaat yang akan Anda peroleh ketika mengkonsumsi makan berserat adalah untuk memperlancar saluran pencernaan.

Menu Makanan Sehat

Dan perlu diingat, kelancaran sistem pencernaan ini menjadi langkah awal untuk menghindari berbagai jenis penyakit. Hal ini disebabkan oleh sisa makanan yang tidak dibutuhkan dibuang menjadi feses. Selain itu, makanan berserat juga ampuh untuk mencegah penyerapan gula secara berlebihan.

Manfaat ini dihubungkan dengan proses pencegahan penyakit kencing manis. Yang paling mengejutkan, serat sendiri bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang menjadi biang penyakit. Bisa dibayangkan, kebiasaan mengkonsumsi makanan saat ini tentunya banyak mengandung kolesterol.

Contohnya makanan yang digoreng, seringnya mengkonsumsi makanan tersebut tentunya akan membuat kolesterol bertambah. Bahkan ini bisa menumpuk dan mengganggu saluran darah yang berakibat pada permasalahan seperti penyakit kardiovaskular atau penyakit kronis lainnya.

Beruntungnya, serat bisa melawannya. Yakni menjadi filter khusus untuk menurunkan kolesterol, sekaligus membantu usus untuk mengeluarkan kolesterol tadi.

Makanan Yang Kaya Akan Kandungan Serat

Pentingnya menjaga menu makanan sehat sehari hari, khususnya makanan yang kaya akan kandungan serat, Anda tentunya harus tahu jenis-jenis makanan yang baik tadi. Makanan yang dimaksud adalah makanan yang kaya akan serat. Diantara jenis-jenis makanan yang punya kandungan serat tinggi datang dari sayuran dan buah-buahan.

Contohnya adalah kacang-kacangan, tomat, mentimun, wortel, buah apel, beras merah, sampai oatmeal. Dan perlu diingat, setidaknya serat yang dibutuhkan di tiap harinya berjumlah sekitar 20-30 gram.

Kesimpulannya, penuhi kebutuhan serat sebagai salah satu menu makanan sehat yang bakalan menjadi kunci utama menjaga kesehatan tubuh.

Leave a Reply