You are here
Home > Properti > Desain Interior dan Eksterior > Performa Mebel Kayu Jati Yang Tak Pernah Meredup

Performa Mebel Kayu Jati Yang Tak Pernah Meredup

Setiap orang punya selera yang berbeda untuk menghias rumahnya. Banyak sekali furniture rumah tangga yang terbuat dari berbagai macam bahan, mulai dari plastik, atom, kuningan bahkan kayu sekalipun. Di era yang sudah modern sekarang ini peminat furniture dari kayu khususnya mebel kayu jati sangat meningkat. Hampir sebagian orang memilih come back to nature. Salah satunya adalah pemanfaatan kayu untuk pelengkap alat rumah tangga.

Berbicara mengenai kayu, tentu banyak sekali jenis kayu yang tersedia di alam ini. Namun, hampir semua orang menyetujui bahwa kayu jati adalah kayu yang paling kuat dan tahan lama umurnya. Terlebih performa mebel kayu yang dihadirkan juga tak kalah menarik.

Mebel Kayu Jati

Di area tropis seperti di Indonesia sangat mudah sekali untuk menjumpai pohon jati. Sehingga pemanfaatan kayu jati sudah dilakukan sejak zaman dahulu. Kebanyakan orang dulu memanfaatkan kayu untuk membuat rumah, mulai dari tiang, jendela, pintu, gawang, almari, kursi dan lain sebagainya.

Dalam pengolahan kayu jati menjadi barang jadi diperlukan keahlian khusus. Diawali dari pemilihan kayu jati yang sudah siap diolah hingga penggarapannya. Kayu jati yang paling baik adalah kayu jati yang umurnya sudah tua. Kayu jati yang sudah tua kualitasnya lebih baik dari yang umurnya muda karena kayunya kuat dan memiliki serat yang indah. Semakin tua umurnya semakin bagus serat yang ada padanya. Jadi tak heran jika banyak mebel kayu jati yang semakin tampak istimewa ketika dibuat dari kayu jati yang sudah berumur.

Sekarang ini banyak mebel kayu jati atau tempat pengelolaan kayu jati yang menyediakan variasi benda pelengkap rumah tangga dengan berbagai corak. Misa, satu set meja makan dan kursi minimalis. Meja tersebut diukir sedemikian indah di bagian pinggir kemudian pinggir di bagian tengah di berikan ukiran yang meliuk-liuk indah kemudian ditutup kaca sebagai pelengkapnya, sehingga menampilkan meja kaca namun di dalamnya ada sesuatu yg dipertontonkan. Dan kursinya didesain minimalis dengan menonjolkan keindahan serat kayu jati.

Namun, harga yang tersedia untuk mebel kayu jati cenderung mahal. Hal itu dikarenakan kualitas dan ketersediaan kayu jatu yang cukup umur untuk diolah. Karena sejatinya kayu jati merupakan kayu yang kuat dan tahan lama, selain itu pertumbuhan kayu jati yang memerlukan waktu yang cukup lama.

Hal yang paling utama adalah pengerjaan kayu jati menjadi barang jadi juga memerlukan waktu yang tidak cepat, karena kayu jati memiliki tekstur yang keras dan kuat. Hal tersebutlah yang menyebabkan harganya melambung tinggi. Namun tak perlu khawatir, sebab Anda akan mendapatkan kualitas barang yang sesuai dengan harga yang sudah Anda bayar.

Akan tetapi, usaha mebel kayu jati tidak pernah sepi dari konsumen. Walau harganya selangit tidak mempengaruhi konsumen untuk membelinya. Para konsumen percaya bahwa furniture dari bahan kayu jati memiliki umur yang tahan lama dibandingkan dari kayu yang lain.

Leave a Reply