You are here
Home > Otomotif > Mobil > Pertimbangkan Sebelum Beli Mobil Mewah

Pertimbangkan Sebelum Beli Mobil Mewah

Punya mobil mewah mungkin adalah impian banyak orang. Bahkan, banyak juga orang yang rela menyisihkan penghasilan bulanannya dalam jumlah yang cukup besar, untuk membayar cicilan kredit kendaraan bermotor demi mewujudkan impiannya. Biasanya, hal ini dilakukan oleh orang yang memiliki penghasilan cukup besar namun belum memenuhi untuk pembelian mobil mewah secara cash atau tunai.

Yap, gengsi dan keinginan untuk menarik perhatian, adalah alasan umum mengapa seseorang menginginkan mobil mewah ini. Sayangnya, banyak juga yang tidak memperhatikan atau menyadari, bahwa ada beberapa hal yang harus diketahui sebelum membeli mobil mewah. Akibatnya, mereka mengalami kerugian dan akhirnya menyesal membeli mobil mewah ini.

Mobil Mewah

Apa sajakah itu? Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

  • Biaya operasional

Mobil membutuhkan bahan baka untuk dapat berjalan. Dan biasanya, mobil mewah wajib untuk menggunakan bahan bakar dengan oktan tinggi agar mesinnya dapat terawat dan bekerja maksimal. Tidak hanya itu saja, untuk mendapatkan kenyamanan saat berkendara, biasanya mesin pada mobil mewah ini akan membutuhkan bahan bakar dalam jumlah lebih banyak (boros) saat bekerja. Artinya, Anda harus menyiapkan dana yang cukup besar untuk memenuhi kebutuhan ini. Dan, semakin sering Anda menggunakannya, akan semakin besar pula biaya operasional yang dibutuhkan.

  • Biaya perawatan

Mungkin jenis perawatan yang dibutuhkan oleh mobil mewah ini tidak berbeda dengan mobil pada umumnya, namun harga komponen mobil ini bisa berjumlah beberapa kali lipat dari mobil biasa. Apalagi, jika mobil yang Anda beli adalah produk limitd edition dan hanya diproduksi di luar negeri. Maka, tidak hanya harga komponennya saja yang akan menjadi masalah, tetapi juga ketersediaan komponennya.

  • Pajak

Semakin besar nilai harta yang Anda miliki, maka semakin besar pula pajak yang wajib Anda bayarkan. Yap, ini adalah salah satu pengeluaran tetap yang harus Anda perhitungkan sebelum mmutuskan untuk membeli sebuah mobil mewah.

  • Penghasilan

Apakah penghasilan Anda yang berjumlah cukup besar ini tetap ataukah hanya bersifat sementara? Misalnya, Anda adalah seorang pengusaha yang masih dalam tahap mengembangkan usaha. Artinya, penghasilan Anda saat itu masih belum stabil, kadang berjumlah besar kadang lebih kecil. Coba bayangkan seandainya Anda membeli mobil mewah dengan sistem kredit, bagaimana Anda harus membayar cicilan yang jumlahnya tidak sedikit ketika penghasilan Anda sedang menurun?

Jelas kan, biaya yang dibutuhkan mobil mewah tidak hanya berhenti sampai Anda berhasil memilikinya atas nama Anda saja, tetapi akan terus berlanjut. Jadi, pastikan bahwa Anda memiliki keuangan yang cukup untuk memenuhinya tanpa mengganggu kebutuhan Anda yang lain. (Vita)

Leave a Reply