You are here
Home > Wisata dan Liburan > Sewa mobil Jakarta ke 3 Wisata Jakarta Terbaik Untuk Pendidikan Politik

Sewa mobil Jakarta ke 3 Wisata Jakarta Terbaik Untuk Pendidikan Politik

Anda mahasiswa bidang politik, atau tergabung dalam organisasi pemuda atau mahasiswa yang membidangi isu politik, maka sempatkan diri Anda beserta teman-teman untuk berwisata ke Jakarta. Wisata Jakarta yang dimaksud tentunya bukan wisata biasa-biasa saja. Melainkan mengunjungi tempat-tempat tujuan yang bisa menjadi pengalaman berharga bagi Anda dan organisasi Anda. Seperti kita ketahui, Jakarta sebagai ibu kota negara Indonesia merupakan pusat pemerintahan yang memiliki peranan signifikan dalam kehidupan berpolitik dan bernegara.

Istana Merdeka, Jakarta

Mengapa memilih Jakarta sebagai tujuan wisata edukasi khususnya bidang politik sangat penting? Karena wisata Jakarta sangat strategis, di Jakarta terdapat banyak tempat-tempat penting yang bisa membantu Anda mengkaji bagaimana dunia politik Indonesia bekerja. Membaca dari buku-buku pelajaran atau kuliah saja tidak cukup jika Anda tidak pernah melihat langsung bagaimana tata kelola pemerintahan diatur. Karena itu tidak ada salahnya jika suatu waktu Anda dan organisasi atau lembaga Anda mengagendakan kunjungan ke Jakarta khusus untuk wisata edukasi politik.

Wisata Jakarta Untuk Pendidikan Politik, Mengajak Melek Politik Dan Sikap Kritis

Pendidikan politik sangat penting bagi setiap warga negara, bukan hanya mereka yang secara pendidikan atau profesional berkecimpung di dunia tersebut. Apalagi saat ini isu politik begitu menarik dan menjadi bahan diskusi yang panas di sosial media. Untuk membangun sikap kritis dan budaya belajar agar tak gampang termakan hoak politik, Anda perlu belajar langsung. Berikut ini beberapa tujuan wisata Jakarta yang bisa membantu Anda memahami politik di Indonesia.

  1. Istana Merdeka

Istana Merdeka seperti namanya adalah tempat dimana pemimpin tertinggi negara ini bekerja. Memang tidak sembarang orang bisa masuk ke Istana. Tentunya jika Anda dan rombongan Anda ingin ke sana, butuh mengajukan ijin terlebih dahulu agar disetujui. Pada momen-momen tertentu seperti Idul Fitri atau Hari Kemerdekaan biasanya ada open house di Istana Merdeka. Di luar itu, Anda perlu mendapat ijin untuk memasuki tempat tersebut.

  1. Gedung MPR DPR RI

Wisata Jakarta di bidang politik lainnya yang wajib Anda kunjungi adalah Gedung MPR DPR. Ini adalah rumah bagi wakil-wakil rakyat yang telah Anda pilih melalui pemilihan legislatif setiap lima tahun sekali. Disini, para anggota dewan bekerja menyalurkan aspirasi Anda untuk menghasilkan berbagai kebijakan terkait semua hal. Misalnya kebijakan tentang ekonomi, politik, budaya dan pertahanan keamanan. Ada banyak sekali komisi yang membidangi topik atau isu-isu tertentu.

Jika beruntung Anda juga bisa menyaksikan langsung seandainya ada demonstrasi atau aksi massa yang mendatangi Gedung MPR DPR. Gedung ini memang menjadi salah satu tujuan wajib untuk menyalurkan aspirasi, terutama melalui demonstrasi. Sebagai negara demokrasi, demonstrasi atau aksi massa merupakan salah satu cara penyaluran aspirasi agar para anggota legislatif mendapatkan masukan penting bagi kebijakan yang dirancangnya.

  1. KPK

Selain Istana Merdeka, Gedung MPR DPR, tujuan wisata Jakarta bidang politik lainnya adalah KPK. Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi sebaiknya memang dimasukkan dalam daftar tujuan Anda. Peran KPK sangat krusial dalam perpolitikan di tanah air. Anda juga bisa belajar banyak hal dari KPK. Tentang apa visi dan misi KPK, bagaimana KPK bekerja dan apa saja kesulitan yang dihadapi. Tentunya Anda akan mendapatkan banyak sekali pengalaman dan pengetahuan yang penting terutama dalam pemberantasan korupsi.

Untuk mengunjungi ketiga tempat diatas, Anda tak perlu repot-repot mencari kendaraan. Agar kunjungan Anda optimal, Anda bisa memesan jasa sewa mobil Docar sejak jauh-jauh hari sebelum rencana kunjungan Anda. Docar adalah jasa sewa mobil terpercaya di Jakarta yang bisa mengantarkan Anda ke semua tujuan wisata Jakarta sesuai kebutuhan Anda. Cukup kunjungi website Docar Jakarta dan tentukan waktu kunjungan Anda. Jangan lupa, pastikan Anda telah mendapatkan ijin dari masing-masing tempat tujuan tersebut sebelum reservasi. Anda juga bisa sewa mobil Jogja dan sewa mobil Semarang di Aplikasi Docar.

Leave a Reply