You are here
Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Ternyata Cemilan Sangat Bermanfaat, Loh

Ternyata Cemilan Sangat Bermanfaat, Loh

Banyak orang yang takut mengonsumsi cemilan karena tidak mau berat badannya bertambah. Meskipun mengonsumsi snack sehat rendah kalori yang mulai banyak tersedia dipasaran, hal tersebut tetap dihindari karena tetap menganggap cemilan adalah penyebab kegemukan. Namun, apakah hal tersebut benar? Apakah dengan mengonsumsi cemilan, Anda sudah pasti akan mengalami kenaikan berat badan?

Ngemil Ternyata Bermanfaat
                                            Photo: Hidupseimbangku

Menurut situs alodokter, ternyata mengonsumsi cemilan secara rutin di sela jam maka utama justru bisa menghindarkan Anda dari risiko kegemukan. Alasannya adalah karena dengan mengonsumsi cemilan akan membuat Anda merasa masih kenyang saat masuk jam makan utama. Akibatnya, porsi makan Anda akan lebih terkontrol dan Anda tidak akan mengonsumsi makanan utama secara berlebihan.

Tidak hanya itu saja, cemilan juga memiliki beberapa manfaat lain untuk tubuh, seperti yang disebut berikut ini:

  • Sumber energi

Ketika Anda merasa lapar, tentunya akan menghambat aktivitas maupun konsentrasi Anda, kan? Nah, saat inilah cemilan memberikan manfaat penting. Dengan mengonsumsi cemilan, perut Anda akan tetap terisi dan terasa kenyang, sehingga Anda tetap bisa berkonsentrasi dan beraktivitas dengan baik.

  • Menjaga kadar gula

Mengonsumsi cemilan beberapa kali sehari secara rutin, akan membantu menjaga metabolisme tubuh dan gula darah. Dengan terjaganya metabolisme tubuh tetap lancar, maka kadar gula dalam darah akan tetap stabil.

Meskipun mengonsumsi cemilan sehat dan justru disarankan, bukan berarti Anda bisa mengonsumsinya secara sembarangan. Ada setidaknya 2 hal yang harus Anda perhatikan, yaitu:

  • Jenis cemilan

Hindari mengonsumsi cemilan yang mengandung gula atau mentega dalam kadar tinggi. Sebab cemilan seperti inilah yang jika dikonsumsi terus menerus, justru tidak baik untuk kesehatan. Pilihlah cemilan sehat dan alami seperti kacang-kacangan, buah, dan beberapa jenis lainnya. Jenis cemilan yang merupakan cemilan sehat cocok untuk penderita diabetes juga. Seperti yang dibahas di atas, konsumsi cemilan dengan pilihan tepat dapat membantu menjaga kadar gula dalam darah.

  • Porsi

Selain jenis, Anda juga harus memperhatikan porsi cemilan yang Anda konsumsi. Sebaiknya konsumsi cemilan dalam jumlah sedikit namun sering, daripada mengonsumsinya dalam jumlah banyak sekaligus.

Nah, setelah mengetahui manfaat cemilan untuk tubuh, yakin Anda masih mau menghindarinya? Pastinya tidak, kan? (Vita)

Leave a Reply