You are here
Home > Teknologi > Internet > Ternyata, Sistem Kerja Fiber Optik Dimanfaatkan untuk Hal Ini

Ternyata, Sistem Kerja Fiber Optik Dimanfaatkan untuk Hal Ini

Fiber optik bukan lagi menjadi sesuatu hal yang asing sekarang ini. Hampir sebagian besar orang sudah pernah mendengar kata ‘fiber optik’ dan bahkan menggunakan aplikasi dari kabel ini. Hayo, coba cek di rumah atau kantor kalian: pastinya mayoritas koneksi internet yang digunakan merupakan internet fiber optic. Memang, internet kabel fiber optic lebih unggul dari kabel lainnya karena memiliki koneksi yang lebih cepat dan stabil.

Fiber Optik
Photo : ToolBoom

Namun demikian, ternyata sistem kerja fiber optik tidak hanya digunakan untuk internet saja. Masih banyak pengaplikasian lain yang mungkin belum kamu ketahui. Apa saja?

  1. Internet. Sudah menjadi rahasia umum jika fiber optik ini banyak dimanfaatkan untuk koneksi internet. Pasalnya, koneksi internet dengan menggunakan fiber optik ini ditengarai lebih cepat, tidak ada gangguan sinyal, dan bandwidth-nya juga lebih besar.
  2. LAN (Local Area Network). Selain untuk internet, fiber optik juga kerap digunakan untuk aplikasi LAN. Pasalnya, fiber optik ini dianggap lebih efektif dan lebih bisa diandalkan, terutama untuk dipakai di instansi pemerintahan, perkantoran, rumah sakit, atau bahkan lembaga pendidikan.
  3. Telepon. Seperti yang sudah dibahas pada poin satu, fiber optik ini memiliki jaringan yang luar biasa cepat dan bandwidth yang besar. Dengan demikian, fiber optik ini juga sering dimanfaatkan untuk telepon kabel sehingga jaringannya pun mulus tanpa gangguan. Bahkan satu kabel fiber optik saja bisa menampung sampai seratus ribu telepon sekaligus, lho.
  4. TV kabel. Kabel fiber optik juga dimanfaatkan untuk TV kabel. Biasanya, saluran televisi yang menggunakan kabel fiber optik ini memiliki peningkatan kualitas dari segi suara dan gambar. Dan jangan khawatir dengan masalah harganya, karena biasanya tv kabel ini dijual satu paket dengan koneksi internet yang juga menggunakan kabel fiber optik juga sehingga lebih murah.
  5. Kedokteran. Tidak hanya bermanfaat dalam dunia teknologi, fiber optik juga digunakan dalam dunia kedokteran. Fiber optik ini digunakan untuk alat bernama Gastroscope, yakni sebuah kamera mikro yang bisa melihat organ bagian dalam tubuh manusia tanpa melakukan operasi bedah. Tidak hanya itu,fiber optik juga dimanfaatkan sebagai alat scanning kesehatan.
  6. Kamera fiber optik. Yap, fiber optik juga dimanfaatkan sebagai kamera. Namun, tentunya kamera yang dimaksud bukan sembarang kamera. Kamera fiber optik merupakan kamera yang digunakan untuk melihat sistem mekanikal alat transportasi seperti kereta api dan juga pesawat, yang sulit untuk terlihat oleh mata. Kerusakan pada sistem mesin ini hanya bisa dilihat dengan bantuan kamera fiber optik.

Ternyata, pengaplikasian kabel optik pada kehidupan kita cukup beragam. Oleh sebab itu, mulai sekarang, jangan hanya mengira bahwa kabel optik hanya digunakan untuk internet saja, ya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply