You are here
Home > Otomotif > Mobil > Tips Mengendarai Mobil Matic bagi Pemula

Tips Mengendarai Mobil Matic bagi Pemula

Bagi pengendara pemula, entah baru pertama kali menyetir mobil atau pindah haluan dari mobil manual, mengendarai mobil matic bukan hal yang mudah. Meski dikatakan lebih simpel karena tidak memiliki pedal kopling dan tidak perlu sering pindah gigi, ada banyak hal yang tetap perlu diperhatikan saat mengendari mobil matic. Misalnya saja memahami fungsi over drive pada mobil matic atau bagaimana cara menghidupkan mobil matic yang benar.

Nah, buat Anda, pengendara pemula mobil matic, berikut beberapa tips mengendarai mobil matic yang bisa Anda pahami.

Pahami Sistem Kemudi Mobil

Satu hal paling mendasar yang membedakan mobil matic dan mobil manual adalah tidak adanya pedal kopling pada sistem kemudi mobil. Ya, pada mobil matic hanya terdapat dua pedal, yakni pedal gas (akselerasi) dan rem. Sebab itulah, Anda harus sangat berhati-hati. Sebab, ketika mobil sudah masuk ke gigi maju (D), maka mobil secara otomatis akan jalan perlahan jika Anda tidak menginjak pedal rem. Bahkan, meskipun Anda tidak menginjak pedal gas sekalipun (pada kondisi jalanan mendatar atau menurun).

Tips Mengendarai Mobil Matic bagi Pemula

Selain itu,meskipun transmisi secara otomatis, bukan berarti Anda tidak perlu memindahkan gigi sama sekali. Sebab, pada mobil ini tetap saja memiliki beberapa gigi yang harus digunakan sesuai dengan fungsinya. Untuk mempermudah pengguna, tuas perseneling atau gigi pada mobil matic dilengkapi dengan angka dan huruf pada pinggirannya.

  • P: Parkir, untuk mobil dalam keadaan terhenti. Pada saat mobil berada dalam gigi ini, maka mobil tidak akan dapat didorong maju atau mundur. Bahkan pada saat tanjakan ataupun turunan, mobil akan aman. Namun, bukan berarti gigi ini boleh digunakan pada saat macet di jalan tanjakan atau turunan, ya.
  • R: Reverse, untuk mobil bergerak mundur
  • N: Netral, digunakan saat mobil berhenti sebentar, misalnya saat macet atau lampu merah. Gigi ini juga bisa digunakan saat mobil parkir dalam posisi paralel ataupun posisi apapun yang mewajibkan mobil dalam kondisi bisa didorong.
  • D: Drive, digunakan untuk menjalankan mobil (maju). Jangan lupa, untuk menginjak rem terlebih dahulu pada saat memindahkan tuas gigi ke D, dan setelah itu lepas pedal rem dan injak pedal gas secara perlahan.
  • Angka 1(L), 2, 3: Gigi ini digunakan untuk jalanan menanjak atau turunan.

Untuk gigi P, R, N dan D, pastikan mobil sudah berhenti sempurna sebelum memindahkan tuas gigi. Sementara, pada gigi 1 (L), 2 dan 3 bisa dipindahkan saat mobil masih melaju. Namun, tetap harus sesuai aturan ya.

Hal-hal tadi tidak hanya penting untuk keselamatan pengemudi, namun juga dapat menjaga kondisi mobil agar tetap terjaga dan tidak cepat rusak. Semoga membantu. (raw)

Leave a Reply