You are here
Home > Properti > Tips Tentukan Sambungan Pipa yang Anda Butuhkan

Tips Tentukan Sambungan Pipa yang Anda Butuhkan

Untuk pemasangan sebuah pipa PVC, maka Anda memerlukan sambungan pipa. Karena PVC ini terbuat dari semacam plastik, bukan berarti sambungannya terbuat dari bahan yang sama. Ada berbagai macam bahan yang digunakan untuk membuat sambungan ini, seperti stainless, galvanis, kuningan, dan lain sebagainya. Namun, yang paling umum adalah sambungan ini terbuat dari PVC, sama dengan pipa paralonnya.

Sambungan Pipa

Bukan hanya menentukan sambungan pipa saja yang harus diperhatikan, namun cara memasang pipa air dan sambungannya pun juga harus jadi perhatian Anda. Nah, jika Anda saat ini sedang mencari sambungan pipa PVC, berikut ini adalah informasi yang paling Anda butuhkan untuk mendapatkan sambungan pipa yang Anda inginkan.

Jenis Sambungan Pipa

Meskipun untuk menyambung PVC, pada dasarnya ada berbagai tipe sambungan berdasarkan kebutuhan Anda. Misalnya saja fitting PVC Elbow, yang secara umum dikenal sebagai keni. Disebut elbow sehingga bentuknya mirip siku tangan Anda. Ukurannya pun bermacam-macam dari 1 1/4 inchi hingga 12 inchi. Anda bisa membelinya per biji atau per box dimana per box isinya maksimal 90 buah untuk ukuran 1 1/4 inchi.

Nah, selain itu masih ada sambungan atau fitting jenis socket atau yang lebih dikenal sebagai sock tersedia ukuran 1 1/4 inchi hingga 10 inchi. Bentuknya lurus sehingga sering digunakan untuk menyambung pipa arah lurus. Sedangkan sambungan pipa Tee, yang berbentuk T sering digunakan untuk membagi air. Tersedia ukuran 1 1/4 inchi hingga 8 inchi. Selain itu, masih ada tipe Increaser, SDL (sock drat luar, tee drat dalam.

Harga Vs Kebutuhan

Sambungan tersebut memiliki harga yang bervariasi berdasarkan ukuran dan jenisnya. Namun, sambungan pipa paralon bisa saja berbeda padahal jenis dan merknya sama. Ternyata, ini disebabkan oleh tipe sambungan tersebut. Ada tipe dengan kualitas nomor 1, ada yang tipe kualitas medium. Jelas, harga keduanya berbeda. Seperti halnya harga pipa PVC, harga kualitas nomor 1 dua kali harga tipe kualitas medium.

Jadi, untuk menentukan mana yang sebaiknya Anda pilih, Anda cukup menyesuaikan kebutuhan dan budget Anda. Jika Anda membeli pipa PVC kualitas nomor 1, maka sambungannya pun kualitas yang sama. Begitu pula jika pipa yang digunakan kualitas medium. Pada akhirnya, Anda bisa menemukan sambungan pipa yang Anda butuhkan.

One thought on “Tips Tentukan Sambungan Pipa yang Anda Butuhkan

Leave a Reply