You are here
Home > Gaya Hidup > Fashion > Toko Baju Online Sudah Tidak Ramai Lagi. Ini Penyebabnya!

Toko Baju Online Sudah Tidak Ramai Lagi. Ini Penyebabnya!

Semakin banyak orang yang membuka toko baju online. Apa dampaknya? Yang paling mudah ditebak adalah kompetisi atau persaingan semakin ketat. Karena banyak penjual yang menawarkan baju yang mungkin motif atau modelnya sama. Karena baju itu bagian dari fashion. Dan jika ada dalam trend dunia fashion, semua akan menjual baju dengan trend tersebut.

Namun nyatanya kompetisi jual baju online sekarang ini justru tidak terlalu ketat. Bisa dikatakan tingkat kompetisinya menurun jika dibandingkan beberapa tahun yang lalu di mana dunia jual beli baju online baru menggeliat.

Setidaknya ada tiga alasan.

Masyarakat Semakin Pintar

Dulu, ketika baru ada beberapa toko online, orang merasa sangat bangga jika bisa membeli baju dari toko online. Apalagi jika modelnya masih baru dan belum dijual di sekitar kota di mana ia tinggal.

Namun sekarang seolah tidak ada bedanya antara baju yang dijual di toko online dengan di toko baju offline. Semuanya hampir sama entah itu motif atau model. Toko BajuJadi, banyak yang sudah tidak perlu update trend baju secara online.

Toh masyarakat sudah bisa membeli baju secara offline dengan harga yang lebih murah karena tidak harus membayar ongkos kirim.

Munculnya Toko Online Besar

Bisa dikatakan setiap orang sekarang ini sudah bisa membuka toko baju online sendiri. Akan tetapi, banyak yang tumbang atau tidak bertahan. Hal ini disebabkan kalah bersaing dengan toko online besar.

Lihat saja yang menempati halaman pertama mesin pencarian Google. Karena berbasis online, orang akan mengunjungi toko online yang ia dapatkan di mesin tersebut, bukan? Dan yang menang adalah toko online yang berhasil nangkring di halaman pertama.

Dan dari sekian banyak toko baju online, yang berada di halaman pertama adalah toko online besar yang sudah dioptimasi dengan baik sehingga user friendly dan jumlah trafficnya banyak. Ini hanya jika dilihat dari sudut pandang mesin pencarian saja. Belum iklan berbayar yang mereka lakukan.

Custom Lebih Disukai

Mungkin saja beberapa toko online menjual baju dengan model dan bahkan motif yang sama. Dan tahukah Anda baju seperti ini tidak begitu disukai. Karena pemakai akan tahu bahwasanya akan ada banyak orang yang memakai baju yang sama. Oleh sebab itu, sekarang banyak yang suka baju custom. Artinya, baju dibuat sesuai keinginan pelanggan.

Jadi, jika Anda ingin membuat toko baju online, pertimbangkan dulu dengan matang agar toko Anda benar-benar berbeda dengan kebanyakan toko baju lainnya. Hal ini penting agar Anda sukses di bisnis jual baju online.

Leave a Reply