You are here
Home > Teknologi > 5 Motherboard Terbaik yang Cocok untuk Menunjang Aktivitas Gaming

5 Motherboard Terbaik yang Cocok untuk Menunjang Aktivitas Gaming

Salah satu komponen vital dari sebuah komputer adalah motherboard. Motherboard menjadi wadah semua hardware untuk bisa terhubung pada PC itu sendiri. Apalagi buat kamu yang menginginkan komputer gaming, tentu enggak boleh asal pilih motherboard dong. Pasalnya kamu harus memilih motherboard khusus untuk gaming supaya bermain game lebih nyaman. Nah, jika kamu ingin membeli motherboard gaming, yuk cek daftar merk terbaiknya dibawah ini, check this out!

5 Motherboard Terbaik yang Cocok untuk Menunjang Aktivitas Gaming
Sumber : rog.asus.com

1. Asus ROG Maximus XII Extreme

Asus menjadi salah satu vendor terbaik yang menciptakan berbagai alat tempur gaming. Untuk menunjang aktivitas gaming lebih nyaman, Asus punya motherboard yang siap sebagai alat tempur, yakni Asus ROG Maximus XII Extreme.

Asus ROG Maximus XII Extreme
Sumber : tonixcomputer.co.id

Asus ROG Maximus XII Extreme menjadi pilihan banyak gamers berkat arsitekturnya yang khusus untuk prosesor berjenis Comet Lake Core i9. Motherboard buatan Asus ini memiliki spesifikasi, CPU Intel Gen 10, socket LGA 1200, form factor Extended ATX, network 1x 10Gb Marvell ethernet, dan masih banyak lagi.

2. MSI MPG Z490 Gaming Carbon WiFi

Selain Asus, vendor lain yang cukup produktif dalam memproduksi peralatan support gaming adalah MSI. MSI MPG Z490 Gaming Carbon WiFi menjadi salah satu motherboard gaming buatan MSI yang tak jauh berbeda spesifikasi dan kualitasnya dibanding Asus ROG Maximus XII Extreme. Bahkan, MSI MPG Z490 Gaming Carbon WiFi sangat cocok dipakai untuk jantung PC gaming di tahun 2021.

MSI MPG Z490 Gaming Carbon WiFi
Sumber : msi.com

Konfigurasi yang dimiliki oleh MSI MPG Z490 Gaming Carbon WiFi diantaranya adalah CPU Intel Gen ke 10, terdapat socket LGA 1200, form factor ATX, network port 1x 2,5Gb LAN. Tak lupa mereka memberikan port HDMI 1x yang bisa digunakan untuk monitor VGA to HDMI maupun versi biasanya.

3. MSI MAG B460M Mortar WiFi

MSI MAG B460M Mortar WiFi
Sumber : msi.com

Buat kamu yang berencana untuk membangun PC gaming dengan konsep mini, MSI MAG B460M Mortar WiFi bisa menjadi salah satu pilihan motherboard terbaik. Sayangnya, MSI MAG B460M Mortar WiFi ini masih membawa konsep form factor Micro ATX, tetapi soal fitur enggak perlu diragukan lagi karena mampu bersaing dengan motherboard lain yang menghadirkan form factor lebih besar.

MSI MAG B460M Mortar WiFi punya konfigurasi CPU Intel Gen ke 10, socket LGA 1200, form factor Micro ATX, network Realtek 2.5Gb LAN, Intel WiFi 6 yang sudah wireless, dan port lainnya.

4. Gigabyte Z390 Aorus Ultra

Gigabyte Z390 Aorus Ultra
Sumber : kupaskomputer.com

Gigabyte Z390 Aorus Ultra cocok banget untuk PC gaming kamu yang masih menggunakan prosesor generasi ke 8 dan 9 untuk menunjang aktivitas bermain game. Soal port dan konektivitas yang diberikan oleh Gigabyte Z390 Aorus Ultra ini tidak main-main, karena motherboard menjadi salah satu komponen untuk mendukung performa semua sektor. Hadir dengan CPU Intel Gen-8 dan 9, kamu akan mendapatkan socket LGA 1151, form factor ATX, network Ethernet, 1.73Gbps 802.11ac wireless, port support 4x USB 3.2 Gen 2 Type C, 2x USB 3.1, dan juga 4x USB 2.0

5. Asus ROG Strix Z390-I Gaming

Asus ROG Strix Z390-I Gaming
Sumber : rog.asus.com

Selain Gigabyte, Asus juga punya motherboard yang bisa digunakan untuk menunjang aktivitas prosesor generasi ke 8 dan 9, yakni Asus ROG Strix Z390-I Gaming. Buat kamu yang ingin membangun PC gaming berkonsep minimalis, Asus ROG Strix Z390-I Gaming menjadi pilihan tepat dengan adanya Mini-ITX. Spesifikasi yang dibawanya masih sama dengan milik Gigabyte, perbedaannya hanya terletak pada form factor Mini-ITX dan 866 Mbps 802.11ac.

Itu dia 5 motherboard gaming terbaik rekomendasi dari kami yang bisa kamu pilih sesuai keinginan dan budget. Jadi, motherboard mana nih yang menjadi incaran kamu?

30 thoughts on “5 Motherboard Terbaik yang Cocok untuk Menunjang Aktivitas Gaming

  1. Kalau untuk main game yang berat, motherboard harus mumpuni yaa mas biar gak ngelage.. makanya laptop gamers itu biasanya agak beda dari laptop biasanya.

    1. Aaamiin mba. tapi ini klo mba suka nge-game via komputer atau laptop. namun jika nggak suka nge-game spesifikasi standar mah aman.

  2. Penasaran, apakah sebernarnya spec motherboard buat gaming itu sama dengan spec buat keperluan video editing? Soalnya waktu itu pengen beli laptop untuk keperluan editing, ditawarin MSI buat gaming.

  3. ASUS ini emang ngga ada matinya soal hardware komputer. Meski terengah2 di lini bisnis ponsel, ASUS terbilang untung dari bisnis jeroan. Tak terkecuali dari motherboard, khususnya di lini PC gaming.

  4. sebelum rakit PC, paling bikin galau ya milih motherboard, jadi kalau spek khusus gaming gini kedepannya pasti gampang buat upgrade

    1. motherboard kek jantung nya gitu mas, jadi harus pilih yang benar dan speknya harus pas apa yang kita mau

  5. Untuk harga bisalah disesuaikan sama bujet kebutuhan. Karena kan biasanya ada harga ada kualitas ya.

  6. Yeps.. motherboard memang perlu memilih yang sekira akan mumpuni untuk keperluan. Saya sendiri bahkan sering cenderung memilih yang specs untuk game, walaupun dipakai untuk kebutuhan bekerja, biar wusssssssh.. wussshh gitu, kak hehehe.

    1. bener mba, tapi emang sudah sewajarnya seh ketika mau set up desktop gaming otomatis speknya harus disesuaikan

  7. Ya ampun keren-keren banget. Dari semua yang diulas tahunya cuma ASUS ROG, yang katanya emang keren banget buat main game. Kalau punya motherboard seperti yang di atas main game tanpa lemot ya kak

    1. Wah, klo untuk kisaran harga mungkin mba bisa cek-cek marketplace atau nanti saya akan tambahkan informasinya yah
      Terima kasih inputnya mba

Leave a Reply