You are here
Home > Entertaiment > Musik > 5 Tips Memilih Gitar Akustik Untuk Pemula

5 Tips Memilih Gitar Akustik Untuk Pemula

Bagi mereka yang baru belajar main gitar, mempelajarinya tiap hari sampai mahir tentu menyenangkan. Nah, dari situ kalau nggak lepas dari gitar kesayangan pastinya adalah hal yang wajar.

5 Tips Memilih Gitar Akustik
5 Tips Memilih Gitar Akustik | Foto : Ipanema Guitars

Ngomong – ngomong soal gitar kesayangan, memilih gitar untuk mereka yang baru mulai belajar bisa jadi penting karena berpengaruh juga ketika nanti dimainkan. Terutama gitar yang pas untuk pemula ialah gitar akustik. Selain pas untuk pemula, perawatan gitar juga tak sulit.

Lalu, gimana sih cara memilih gitar akustik yang tepat untuk pemula? Simak tipsnya berikut ini.

1. Pilih Sesuai Kebutuhan

Yang pertama untuk diperhatikan saat ingin memilih gitar bagi pemula adalah kebutuhan kamu. Gitar akustik sendiri punya dua model, yakni akustik klasik dan akustik biasa. Bedanya ada pada senarnya, kalau gitar akustik klasik menggunakan senar nilon, sedangkan gitar akustik biasa menggunakan senar string.

Keduanya akan menghasilkan suara yang berbeda dan berpengaruh terhadap permainan musik tertentu, misalnya gitar akustik klasik enak untuk dimainkan lagu – lagu klasik. Kalau baru belajar, disarankan sih pilih gitar akustik klasik karena senarnya dari nilon jadi jari – jari tak terlalu sakit saat bermain.

Gitar Akustik Untuk Pemula
Gitar Akustik Untuk Pemula

2. Pilih Dari Bentuk dan Desainnya

Selanjutnya, pilih gitar dari bentuk dan desainnya. Ini bisa berpengaruh terhadap kualitas dari akustik itu sendiri, lho. Cara mengetahui bentuk dan desain yang pas bisa dengan memegang dan merasakan bodi gitar yang hendak dipilih. Gitar harus sesuai dengan fisik, jangan terlalu kecil atau terlalu besar.

Kemudian, lihat juga dari banyak fret yang ada pada neck. Disarankan pilih desain gitar yang fret-nya banyak agar lebih mudah kalau suatu hari mau mempelajari melodi sampai ke bagian fret ujung gitar. Selain itu, perhatikan juga kualitas kayu dari gitar, yakni biasanya gitar yang kualitas kayunya bagus itu agak berat.

3. Pilih Yang Nyaman

Gitar akustik yang berkualitas tentu akan nyaman saat digunakan. Apalagi kalau baru belajar gitar, penting untuk memilih gitar yang nyaman di dalam genggaman, misalnya neck gitar sudah pas di jari – jari. Itu berpengaruh karena kalau neck terlalu tebal membuat kesulitan untuk main gitar dengan kecepatan yang agak tinggi.

4. Pilih Karakter Suara Gitar Yang Diinginkan

Setiap gitar tidak selalu sama dalam menghasilkan suara ketika dipetik atau digenjreng karena memiliki karakternya masing – masing. Pilihlah sesuai dengan keinginan. Sebelum membeli, bisa mencoba untuk memetik senar gitarnya untuk mendengarkan suara yang dihasilkan, yakni misalnya dengan memetik setiap senar dari ujung ke ujung.

Ini untuk memastikan fret dalam keadaan bagus atau tidak buzzing sebab fret seperti itu akan menghasilkan nada yang tak sempurna. Perawatan gitar yang tepat juga berpengaruh untuk fretnya.

5. Survey Harga Gitar Akustik

Harga memang menentukan kualitas dari sebuah gitar. Akan tetapi, sebaiknya sih jangan terlalu buru – buru saat memutuskan karena bisa jadi harganya berbeda antara satu toko dengan yang lainnya. Pilih gitar akustik sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan dan harga yang sebanding.

Nah, itulah 5 tips memilih gitar akustik untuk pemula. Nggak lagi deh bingung dalam menentukan gitar yang tepat untuk kamu belajar dan juga perawatan gitar yang nggak ribet! Satu lagi nih, kalau kamu baru belajar gitar alias pemula jangan lupa juga buat punya aksesoris gitar kayak yang ada di sini https://www.guitarsquartz.net/2019/05/7-aksesoris-yang-harus-dimiliki-gitaris.html.

Leave a Reply