You are here
Home > Gaya Hidup > Kesehatan > 7 Rekomendasi Obat Flu Yang Bisa Dibeli Tanpa Menggunakan Resep Dokter

7 Rekomendasi Obat Flu Yang Bisa Dibeli Tanpa Menggunakan Resep Dokter

Di musim hujan seperti sekarang ini virus penyakit pun menjadi semakin cepat untuk berkembang. Salah satu jenis penyakit yang diakibatkan oleh virus dan sering menyerang orang – orang adalah Flu. Terkadang jika badang kita berada dalam keadaan yang tidak prima maka virus pun akan masuk dan menyerang tubuh kita dengan mudah.

Sakit Flu
Gambar: Freepik/pressfoto

Penyebaran flu pun terhitung cepat karena biasanya jika ada satu orang dalam lingkungan anda yang terkena flu maka pasti kemungkinan besar orang sekitarnya tertular akan sangat besar. Hal tersebut bukanlah hal yang aneh karena memang virus yang menyebabkan penyakit flu ini berkembang cepat dalam 3 hari pertama masa pertumbuhannya.

7 Rekomendasi Obat Flu Yang Bisa Dibeli Tanpa Menggunakan Resep Dokter
Gambar: Freepik/rawpixel

Tentunya jika sudah terlanjut tertular jalan satu – satunya yaitu dengan mengobati penyakit flu tersebut agar tidak semakin parah dan menularkannya kepada keluarga dirumah. Sebenarnya banyak jenis obat dipasaran yang bisa mengobati sakit flu ini tetapi ada rekomendasi beberapa obat flu yang dianggap paling ampuh untuk mengobati penyakit flu. Berikut ini terdapat urutan rekomendasi obat flu yang bisa anda beli.

1. Alpara

Alpara

Alpara merupakan obat yang dapat meringankan gejala flu seperti demam dan juga hidung tersumbat. Kandungan Paracetamol dan juga Dextromethorphan dalam obat ini membantu meredakan gejala yang diakibatkan oleh virus Influenza. Sebaiknya anda mengkonsumsi obat ini setelah makan untuk mengurangi efek samping yang mungkin muncul.

2. Paratusin

Paratusin

Paratusin merupakan obat yang dapat mengatasi gejala flu seperti hidung tersumbat, deman, dan juga bersin – bersin. Obat ini mengandung Paracetamol, Noscapine, Phenylpropanolamin HCl, dan Guafinesin yang mampu membantu meredakan gejala yang dirasakan selama sakit flu.

3. Tuzalos

Tuzalos

Tuzalos juga merupakan obat yang dipercaya dapat meringankan gejala sakit flu. Didalam obat ini juga terkandung Phenylpropanolamin HCl yang dapat membantu meredakan gejala hidung tersumbat yang biasa dirasakan oleh orang yang sedang sakit flu. Obat ini juga dapat menyebabkan kantuk bagi orang yang mengkonsumsinya.

4. Demacolin

Demacolin
Demacolin Tablet dan Sirup

Demacolin ini juga merupakan obat yang dapat meredakan gejala flu karena didalamnya terdapat kandungan Pseudoephedrine HCl yang dikenal ampuh untuk mengurangi gejala yang muncul akibat sakit flu.

5. Dextral

Dextral
Dextral Sirup. Gambar: KlikDokter

Dextral ini juga merupakan obat yang dapat meringankan gejala sakit flu karena didalam obat ini juga mengandung Dextromethorphan dan juga Glyceryl Guaiacolate yang dapat mengatasi gejala sakit flu seperti sakit kepala, hidung tersumbat, dan juga gatal di bagian tenggorokan.

6. Panadol Flu & Batuk

panadol flu dan batuk

Panadol Flu dan Batuk ini merupakan salah satu obat yang juga dapat meringankan gejala flu karena didalamnya terdapat kandungan Paracetamol, Pseudophedrine HCl dan juga Dextromethorphan yang mampu mengatasi gejala – gejala seperti bersin- bersin, batuk, dan juga hidung tersumbat.

7. Actifed

Actifed
Actifed merah

Actifed merupakan salah satu merk obat yang terdiri dari 3 varian untuk mengatasi gejala flu, pilek dan batuk, dan juga batuk kering. Anda bisa mengkonsumsi varian obat ini sesuai dengan keluhan yang anda rasakan. Obat Actifed ini tersedia dalam bentuk sirup dan bisa dibeli bebas tanpa menggunakan resep dokter.

Itulah beberapa rekomendasi obat yang dipercaya bisa meredakan gejala Flu. Anda bisa membeli salah satu jenis obat tersebut sesuai dengan kebutuhan anda karena pada dasarnya semua obat diatas memiliki kegunaan yang sama. Untuk lebih jelasnya anda juga bisa bertanya ke apoteker atau tenaga medis mengenai hal ini.

Leave a Reply