You are here
Home > Kuliner > Resep > Aneka Resep Masakan Indonesia Khas Rumahan Yang Enak

Aneka Resep Masakan Indonesia Khas Rumahan Yang Enak

Masakan Indonesia khas rumahan banyak sekali resep yang enak. Bukan hanya itu saja, resep masakan Indonesia khas rumahan ini juga memiliki cita rasa yang bervariasi. Bahkan setiap daerah di Indonesia memiuliki ciri khas tersendiri. Ciri khas yang dihadirkan tiap daerah juga punya rasa yang nano-nano. Ada rasa manis, pedas, gurih dan juga perpadua semuanya.

Resep Masakan Rumahan Indonesia
Resep Masakan Rumahan Indonesia Ala William Wongso

Maka, masakan rumahan Indonesia banyak sekali. Bahan yang digunakan juga sehat karena bahan alami. Berbeda dengan makanan cepat saji yang menggunakan bahan kemasan. Berikut aneka resep masakan Nusatara khas rumahan yang enak.

1. Pare Tumis Pedas

Bagi sebagian orang, pare bukan menjadi masakan favorit karena memiliki rasa yang pahit. Bagi sebagian orang lainnya pare memiliki rasa yang enak dan sedan dimakan dengan nasi. Nah anda yang tidak suka pare, sepertinya harus coba tumis pare pedas ini. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah pare 3 buah dibuang bijinya. Setelah itu siapkan bawang putih 6 siung, cabe pedas 10 buah dan garam. Siapkan juga teri medan untuk campurannya.

Resep Pare Tumis Pedas
Gambar: TandaSeru.id

Teri medannya direndam air panas dan kemudian dibiarkan 5 menit saja. Untuk parenya juga sebaiknya direndam garam lumayan banyak agar rasa pahitnya bisa hilang sedikit saja. Setelah itu sambal menunggu rendaman pare dan terinya, anda bisa memotong bawang putih dan cabe pedas. Jangan lupa juga siapkan garam secukupnya dan penyedap rasa. Anda tumis bawang dan cabenya. Setelah itu masukkan pare yang tadi sudah diiris dan rendam. Tambahkan sedikit air dan teri medan masukkan juga. Anda masak hingga matang sambal ditambahkan garam dan penyedap rasa.

2. Ikan Tongkol Cabe Hijau

Ikan tongkol adalah makanan laut yang enak juga dan menjadi favorit banyak orang. Siapkan ikan tongkol ukuran sedang secukupnya. Potong ikan tongkol menjadi 2 hingga 3 bagian sesuai dengan masing-masing ukuran ikan tongkolnya dan cuci bersih. Siapkan cabe hijau keriting 1 ons, bawang merah 4 siung, bawang putih 6 siung, gula putih dan garam. Anda juga siapkan tomat kecil-kecil hijau 6 buah.

Resep Ikan Tongkol Cabe Hijau
Gambar : Dapur Kobe

Cara memasak ikan tongkol cabe hijau adalah dengan memblender bawang putih, bawang merah, tomat hijau dan cabe hijaunya. Setelah itu anda tumis hingga wangi dan bumbu hingga mengental. Setelah itu goreng dahulu ikan tongkolnya dan sisihkan. Masukkan ikan tongkolnya dan tumis dengan cabe hijaunya. Setelah itu masukkan garam, gula dan penyedap rasa secukupnya.

3. Serundeng Ayam

Pasti anda sering menemui masakan Indonesia rumahan yang satu ini setiap ada acara atau di rumah makan padang. Ayam serundeng ini memiliki rasa gurih yang enak. Bahan-bahan yang perlu anda siapkan untuk membuat serundeng ayam ini adalah ayam potong 1 kg, kelapa parut 1 ons dan santan kelapa kara 1 bungkus. Siapkan bumbu yang dihaluskan yaitu bawang merah 5 siung, bawang putih 5 siung, merica sedikit saja, ketumbar 1 sendok makan, kunyit 2 ruas jari, jahe 2 ruas jari, laos 2 ruas jari, kemiri 3 buah dan minyak untuk menggoreng.

Resep Ayam Serundeng
Gambar: Twitter/Devina Hermawan

Anda cuci bersih ayamnya dan setekah itu bumbu yang tadi dihaluska dengan blender. Siapkan minyak untu menumis dan masukkan bumbu yang sudah dihaluskan. Masukkan ayam dan berikan air hingga semua ayamnya terendam. Setelah itu anda masukkan garam, gula dan juga penyedap rasa secukupnya. Ada masukkan santan kelapa dan kelapa parutnya. Sesudah itu anda tutup pancinya dan masak hingga bumbu meresap. Goreng ayamnya dengan kelapa parut jika sudah.

Leave a Reply