You are here
Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Apa Itu Angin Duduk dan Bagaimana Cara Menghindarinya?

Apa Itu Angin Duduk dan Bagaimana Cara Menghindarinya?

Angin duduk merupakan penyakit yang sering ditakuti oleh masyarakat. Namun sebenarnya, apa sih angin duduk itu? Apakah memang benar ada angin duduk dalam istilah medis? Pasalnya, jika Anda membaca daftar penyakit yang ditanggung oleh Allianz klaimatau asuransi mana pun pasti Anda tidak akan menemukan nama penyakit “angin duduk”. Ternyata, istilah penyakit angin duduk memang tidak ada dalam kedokteran. Namun, bukan berarti angin duduk hanya mitos semata, lho.

Apa gejalanya?

Angin duduk dalam istilah medis disebut dengan angina. Sebenarnya angin duduk adalah gejala dari penyakit jantung. Penderita angina akan merasakan sesak di dada. Selain di dada, gejala ini juga akan dirasakan pada bahu, lengan, leher, atau punggung. Seringkali angina disamakan dengan masuk angin biasa.

angin duduk gejala penyakit jantung
angin duduk gejala penyakit jantung

Padahal, angina jauh berbeda dengan gejala masuk angin yang dirasakan masyarakat pada umumnya. Gejala angina kerap dirasakan setelah melakukan olahraga yang terlalu berat, gangguan emosi, setelah makan atau cuaca dingin.

Angina disebabkan karena berkurangnya aliran darah ke jantung. Akibatnya, jantung kekurangan pasokan oksigen dan tidak bisa bekerja dengan optimal.

Siapa yang lebih rentan mengalami angin duduk?

Angina bisa dipicu oleh penyakit atau gangguan kesehatan yang telah ada sebelumnya. Bagi Anda yang memiliki masalah kesehatan seperti di bawah ini, sebaiknya lebih waspada dengan gejala penyakit jantung atau angina.

  • Tekanan darah tinggi
  • Diabetes
  • Kolesterol tinggi
  • Obesitas
  • Tidak lancarnya metabolisme

Selain orang-orang yang menderita masalah kesehatan seperti di atas, orang-orang yang telah lanjut usia dan perokok pun memiliki risiko angina yang lebih tinggi.

Tips mencegah angin duduk

Sebelum terlambat, segera ubah gaya hidup Anda mulai dari sekarang. Untuk mencegah angina, sebaiknya atur pola makan dan hindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Rutin olahraga juga wajib dilakukan. Kedua kebiasaan ini juga bisa membantu Anda untuk menghindari obesitas dan naiknya gula darah yang dapat memicu angina. Selain itu, jangan lupa untuk rutin periksa tekanan darah. Sebenarnya hidup sehat itu mudah jika Anda benar-benar serius menjalaninya.

Itu dia serba serbi penjelasan tentang angin duduk yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply