You are here
Home > Gaya Hidup > Pendidikan > Bacaan Doa Masuk Kamar Mandi dan Adabnya Sesuai Sunnah Rasul

Bacaan Doa Masuk Kamar Mandi dan Adabnya Sesuai Sunnah Rasul

Al Quran dan Hadits tak hanya mengajarkan kita seputar kegiatan ibadah saja, melainkan juga meliputi seluruh aspek kehidupan. Maka dari itu, sudah seharusnya bagi setiap Muslim untuk menjadikan Al Quran dan Hadits sebagai pedoman hidupnya.

Karena agama Islam benar-benar detail dalam memberikan petunjuk hidup, bahkan mulai dari hal yang terkecil sekalipun. Seperti halnya anjuran membaca doa masuk kamar mandi seperti berikut:

Bismillaahi Allahumma innii a’uudzu bika minal khubutsi wa khabaaitsi
Artinya: “Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari segala kejahatan dan kotoran.”

Bacaan Doa Masuk Kamar Mandi dan Adabnya Sesuai Sunnah Rasul
Gambar: Freepik/@apple_mac

Adab-adab Saat Masuk dan Keluar Kamar Mandi

1. Jangan Berlama-lama di Dalam Kamar Mandi

Apakah kamu memiliki kebiasaan suka belama-lama di kamar mandi? Jika iya, maka mulai saat ini kamu harus membuang kebiasaan tersebut. Hal itu bukan tanpa alasan, karena Rasulullah SAW telah menganjurkan umatnya untuk tidak berlama-lama di dalam kamar mandi.

Pasalnya, kamar mandi merupakan tempat nongkrong favoritnya bangsa jin dan setan lho! Sebagaimana dalam sebuah hadits riwayat HR. Ahmad, dari Zaid bin Arqam RA, Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda: “Sesungguhnya kamar mandi ini dihadiri setan.

2. Gunakan Tangan Kiri Ketika Beristinja

Ketika membersihkan organ intim setelah buang air kecil maupun besar (istinja), sebaiknya gunakan dengan tangan kiri. Mengapa demikian? Ya, karena tangan kanan biasa digunakan untuk aktivitas makan dan kegiatan-kegiatan bersih lainnya.

Dari Abu Qotadah, Rasulullah SAW bersabda: “Jika salah seorang di antara kalian minum, janganlah ia bernafas di dalam bejana. Jika ia buang hajat, janganlah ia memegang kemaluan dengan tangan kanannya. Janganlah pula ia beristinja dengan tangan kanannya.” (HR. Bukhari no 153 dan Muslim no 267).

3. Dahulukan Kaki Kiri Saat Masuk Kamar Mandi

Mengingat kamar mandi merupakan tempat kotor dan najis, maka sudah sepantasnya kita melangkahkan kaki kiri terlebih dulu. Seperti halnya beristinja yang menggunakan tangan kiri karena bersifat kotor, begitu pun dengan kaki kiri yang digunakan untuk melangkah ke tempat kotor.

4. Jangan Bersuara Selama di Kamar Mandi

Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk diam atau tidak bersuara selama di dalam kamar mandi. Walaupun ada orang dari luar kamar mandi mengucapkan salam, sebaiknya kita tidak membalas salam tersebut.

Dari Ibnu Umar RA, beliau berkata: “Ada seseorang yang melewati Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan beliau seadng kencing. Ketika itu, orang tersebut mengucapkan salam, namun beliau tidak membalasnya.” (HR. Muslim no 379).

5. Dahulukan Kaki Kanan Ketika Keluar Kamar Mandi

Setelah selesai beristinja (membersihkan organ intim), tentu saja tubuh kita sudah dalam keadaan bersih. Maka dari itu, Rasulullah SAW meganjurkan kita untuk mendahulukan kaki kanan saat melangkah keluar kamar mandi.

6. Membaca Doa Ketika Keluar Kamar Mandi

Apabila Rasulullah SAW senantiasa memanjatkan doa sebelum masuk kamar mandi, sudah pasti beliau juga akan berdoa ketika akan ke luar kamar mandi. Akan tetapi, bacaan doa saat mau keluar kamar mandi sebaiknya dilafalkan dalam hati saja.

Dari Aisyah RA, beliau berkata: “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa setelah beliau keluar kamar mandi beliau mengucapkan “ghufronaka”(ya Allah aku memohon ampun kepadaMu). (HR. Abu Daud no 30).

Leave a Reply