You are here
Home > Berita > Social > Berdagang Sambil Terus Tebar Kebaikan dengan Sedekah Nasi Jumat

Berdagang Sambil Terus Tebar Kebaikan dengan Sedekah Nasi Jumat

Siapa yang tidak ingin masuk surga nanti? Jalan dan cara menuju surga tentu bisa dicapai dengan beragam cara. Mulai dari rajin beribadah, berbuat baik ke sesama, berbakti dengan orang tua, suami, bersedekah, bahkan bekerja pun bisa menjadi pintu untuk membawa kita menuju surga. Mana jalan yang akan kita tempuh untuk bisa menuju pintu surga?

Jalan sedekah menjadi pilihan dari wanita bernama Lilik Sulistiowati. Ibu dengan tiga orang anak ini memilih untuk mengumpulkan sedekah setiap hari jumat yang biasa kita sebut sedekah jumat atau mba Lili sebut Nasi Jumat. Mba yang akrab dipanggil Lili ini merupakan teman penulis saat SMA dan Kuliah dulu. Setelah lama tidak berkomunikasi, akhirnya penulis dan mba yang biasa disapa Lili ini bertemu di social media Facebook.

Lilik Penggerak Nasi Jumat dengan Keluarga
Gambar: Facebook / @ lilik.sulistiowati.2485

Spontan kaget, bahwa di facebooknya kini dirinya fokus jualan beragam jenis makanan khususnya mie ayam. Bahkan tidak hanya berjualan dan menawarkan masakannya via Facebook, Mba Lili pun membuka kedai sendiri di rumah sebagai tanda keseriusannya dalam berdagang. Terus saya kepo, kenapa Mba Lili lebih memilih jualan? Padahal terlihat di akun facebooknya, karirnya cukup lumayan di mana pernah berkarir di bank-bank ternama sejak 2007. Bahkan untuk karir terakhirnya Mba Lili sudah menjabat sebagai Manager di salah satu perusahaan asuransi di Indonesia. Alasannya simpel karena ingin mengurus rumah tangga, dan ingin usaha dirumah sambil menjaga tiga anaknya.

Usaha awal dari Mba Lili adalah berjualan mie ayam online ini sebenarnya sudah dimulai tahun 2016 dan ini hanya untuk weekend saja. Karena melihat peluang yang bagus, tahun 2018 memberanikan diri untuk resign dari perusahaan asuransi syariah Indonesia yang tidak hanya menawarkan produk asuransi syariah namun produk asuransi lainnya dan membuka kedai sederhana di rumah yang diberi nama “Kedai Mie Ayam Cihuy”. Dari sini berkembang terus, sehingga berpartner dengan adiknya membuka kembali UP Kitchen dan Dapur Bu Lilik di dalam satu rumah produksi yakni Kedai Mie Ayam Cihuy.

Kedai Mie Ayam Cihuy
Gambar: Facebook / @ lilik.sulistiowati.2485

Lalu ada yang unik dan menggelitik hati kecil penulis, bahwa Mba Lili sendiri sering posting mengenai sedekah jumat atau disebutnya Nasi Jumat. Nasi Jumat adalah program sedekah berbagi nasi, sembako dll, yang dananya berasal dari donatur, sasaran nya adalah pekerja jalanan, dhuafa, korban bencana dll. Wanita yang berusia 35 tahun ini bercerita bahwa ini merupakan niat yang sudah lama dalam dirinya. #AwaliDenganKebaikan bermula dari dirinya suka datang ke panti asuhan ketika masih bekerja. Bahkan teman-teman kantorpun mendukungnya, hingga ada yang menitipkan baju sampai uang.

Semangat Mba Lili untuk membantu sesama ini sama dengan semangat Allianz untuk membantu para pesertanya yang mengalami musibah dan membutuhkan bantuan. Inilah yang menjadi tujuan dari gerakan #AwaliDenganKebaikan yang dibuat Allianz Indonesia untuk mendorong sifat tolong menolong antar sesama. Dengan program ini Allianz menginginkan rasa belas kasih dan saling tolong menolong tumbuh dan terus berkembang diantara para peserta asuransi untuk membantu sesama.

Lanjut ke cerita lagi yah…….. Hal dan kegiatan yang dilakukan Mba Lili ini terus berlanjut dan makin banyak yang men-support. Tepat selepas resign, dirinya terus melanjutkan dengan mengumpulkan banyak donator. Kegiatan ini tidak terlepas dari lingkungan tempat tinggal yang banyak dihuni oleh pemulung, orang-orang  yang tidak mampu, orang yang tempat tinggalnya di rel kereta dan kolong tol. Selain itu sasaran dari jumat barokah ini juga untuk memberikan sedekah bagi pekerja jalanan, tukang sampah, tukang becak, ojol, pedagang kecil, orang yang menjaga pintu kereta (yang tidak mendapat gaji).

Tidak sampai di sana saja, Mba Lili juga mendirikan komunutas Nasi Jumat. Komunitas yang mulai dijalankan Maret 2019, di mana Lili dan teamnya sebagai fasilitator untuk orang-orang yang ingin bersedekah murah, mudah dan juga menyalurkan zakat fidyah bagi orang yang membutuhkan. Ketika pandemi, tentu Mba Lili dan komunitas Nasi Jumat ini ingin terus berkontribusi memberikan bantuan untuk orang-orang yang terdampak dengan jangkauan yang lebih luas sehingga lebih merata. Bahkan menambah jumlah donator yang tergerak hatinya untuk membantu, sehingga tidak hanya sedekah nasi namun memberikan pakaian layak pakai, perlengkapan tidur yang layak, kebutuhan sanitasi, dan lain-lain.

Nasi Jumat
Gambar: Facebook / @ lilik.sulistiowati.2485

Impian dari Mba Lili dan teman komunitasnya untuk kedepannya ingin tidak hanya sekedar memberikan bantuan berupa makanan, namun ingin lebih dari itu seperti bantuan modal usaha dan memiliki rumah singgah. Harapannya bisa terus berlanjut hal positif ini hingga bisa diteruskan kepada ahli warisnya kelak.

Balik lagi kan, mulai dari kesukaan akan membuat hati menjadi senang, dan ini akan memunculkan kebaikan dalam hati. Seperti kisah dari Mba Lili di atas yang memiliki hati yang mulai dan ingin berbagi kepada orang yang tidak beruntung seperti Anda. Mulai dari hal kecil, tentu ini akan berimpact pada dukungan sehingga menjadi sebuah hal yang besar.

Untuk teman-teman yang ingin berpartisipasi untuk donasi sedekah hari jumat atau membeli dagangannya Mba Lili bisa langsung kunjungi facebook

Kedai Mie Ayam Cihuy
Facebook : Kedai Mie Ayam Cihuy
Instagram : @kedaimieayam_cihuy

Leave a Reply