You are here
Home > Properti > Cara Cerdik Untuk Menemukan Jenis dan Harga Pipa Berkualitas

Cara Cerdik Untuk Menemukan Jenis dan Harga Pipa Berkualitas

Ketika ingin membuat saluran air di rumah, faktor harga pipa dan biaya proses pemasangan menjadi hal yang dipertimbangkan. Namun coba dibayangkan saja jika di dalam rumah tidak ada saluran pipa air. Anda pasti akan kerepotan sendiri. Contohnya adalah harus mencari aliran air, kemudian Anda harus mengangkat ke dalam rumah dan itupun tidak cukup hanya satu ember saja.

Di zaman sekarang ini yang semuanya serba modern, semua keperluan perlu dilaksanakan dalam waktu singkat. Tidak terkecuali dengan pembuatan saluran pipa. Pasalnya, saluran pipa air memang hal yang sangat penting dan wajib ada di setiap bangunan, terutama di rumah.

Cara Cerdik Untuk Menemukan Jenis dan Harga Pipa Berkualitas
Gambar: Dok. billfenwickplumbing.com

Misalnya saja di dalam rumah tidak ada saluran pipa pembuangan air kotor, bagaimana bisa seseorang akan membuang air kotor yang sudah digunakan? Dari gambaran tersebut, Anda bisa berpikir bahwa Anda sedang hidup di era dimana semuanya serba mudah. Pola hidup sudah seharusnya menyesuaikan perubahan zaman.

Meskipun dituntut untuk serba cepat, Anda tetap harus berhati-hati dalam merancang sesuatu. Misalnya saat merancang pipa saluran air. Di sisi lain, kehati-hatian dalam pemilihan pipa juga sangat penting. Jangan sampai Anda asal-asalan membeli karena harga pipa yang sangat terjangkau ujung-ujungnya cepat bocor dan rusak. Pasti yang rugi adalah diri sendiri. Karena Anda harus mengeluarkan uang lagi.

Menyadari akan hal ini, antisipasi perlu dilakukan. Setidaknya, Anda tahu persis apa yang seharusnya dilakukan sebelum melakukan pembelian. Bagaimana caranya? Hal yang paling utama ialah memastikan jenis pipa sesuai dengan keperluan Anda. Biasanya untuk instalansi pipa di rumah menggunakan jenis PVC untuk saluran air bersih dari sumber air bisa dari sumur ataupun mata air.

Bisa juga menggunakan pipa CPVC bagi yang di rumahnya menginstalansi saluran air panas untuk mandi (shower). Sedangkan untuk saluran air buangan, biasanya menggunakan pipa PVC tipe D. Pipa tipe ini lebih tipis dari tipe AW. Meski lebih tipis dan hanya digunakan sebagai saluran buangan, bukan berarti Anda bisa memilih pipa daur ulang. Anda juga perlu menggunakan pipa tipe D yang berkualitas.

Kedua jenis pipa yang awet dan sangat direkomendasikan adalah Pipa PVC dan CPVC dari Rucika. Kenapa? Karena mampu menahan asam dan lebih tahan terhadap keretakan. Hasilnya, ini membuatnya menjadi awet dan Anda tidak perlu khawatir akan kebocoran. Dan pipa yang dimaksud itu berlaku untuk tipe apapun (tipe AW, D maupun C).

Selain memastikan jenis pipanya, Anda juga harus bisa memilih kualitas pipa air yang kira-kira tetap bisa mengalirkan air dengan lancar. Walaupun kenyataannya sumber air sangat jauh dari rumah terutama pada musim kemarau.

One thought on “Cara Cerdik Untuk Menemukan Jenis dan Harga Pipa Berkualitas

Leave a Reply